Qunut Witir Di Bulan Ramadhan
QUNUT WITIR DI BULAN RAMADHAN
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Qunut witir disunnahkan dalam shalat malam di luar ramadhan maupun di bulan ramadhan dengan membaca doa qunut. Diantara doa qunut yang dicontohkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah berikut ini :
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan doa qunut witri kepada Hasan bin Ali radhiallahu anhuma :
اللهم اهدني فيمن هديت ، وعافني فيمن عافيت ، وتولني فيمن توليت ، وبارك لي فيما أعطيت ، وقني شر ما قضيت ، فإنك تقضي ولا يقضى عليك ، إنه لا يذل من واليت ، ولا يعز من عاديت ، تباركت ربنا وتعاليت ، لا منجى منك إلا إليك
( أخرجه أبو داود، رقم 1213 والنسائي، رقم 1725 ، وصححه الألباني في الإرواء، رقم 429
Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang Engkau beri petunjuk, selamatkan aku sebagaimana orang-orang yang Engkau selamatkan, Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang Engkau pelihara, berkahilah aku atas apa yang Engkau berikan, lindungilah aku keburukan apa yang Engkau tentukan. Sungguh Engkau Maha Menentukan dan tidak ada yang menentukan atas-Mu. Sungguh, tidak akan hina orang yang taat kepada-Mu, dan tidak akan mulia orang yang memusuhi-Mu. Wahai Rabb kami, Engkau sumber kebaikan, Engkau Maha Tinggi. Tidak ada keselamatan kecuali dari-Mu.
(HR. Abu Daud, no. 1213, Nasa'I, no. 1725, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa'ul Ghalil, no. 429)
Berkata Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam, pada akhir shalat witir membaca,
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ " رواه الترمذي 1727 وصححه الألباني في الإرواء 430 وصحيح أبي داود 1282
Ya Allah, sungguh Aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari kemurkaan-Mu, Aku berlindung dari azab-Mu dengan kemaafan-Mu, Aku berlindung kepada-Mu dari (murka)-Mu, Aku tidak dapat menghitung pujian kepada-Mu, Engkau sebagaimana yang Engkau puji atas diri-Mu."
(HR. Tirmizi, no. 1727, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa'ul Ghalil, no. 430, Shahih Abu Daud, no. 1282).
وَحَقِيقَةُ الْأَمْرِ أَنَّ قُنُوتَ الْوِتْرِ مِنْ جِنْسِ الدُّعَاءِ السَّائِغِ فِي الصَّلَاةِ مَنْ شَاءَ فَعَلَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ . كَمَا يُخَيَّرُ الرَّجُلُ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثِ أَوْ خَمْسٍ أَوْ سَبْعٍ وَكَمَا يُخَيَّرُ إذَا أَوْتَرَ بِثَلَاثِ إنْ شَاءَ فَصَلَ وَإِنْ شَاءَ وَصَلَ . وَكَذَلِكَ يُخَيَّرُ فِي دُعَاءِ الْقُنُوتِ إنْ شَاءَ فَعَلَهُ وَإِنْ شَاءَ تَرَكَهُ وَإِذَا صَلَّى بِهِمْ قِيَامَ رَمَضَانَ فَإِنْ قَنَتَ فِي جَمِيعِ الشَّهْرِ فَقَدْ أَحْسَنَ وَإِنْ قَنَتَ فِي النِّصْفِ الْأَخِيرِ فَقَدْ أَحْسَنَ وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ بِحَالِ فَقَدْ أَحْسَنَ .
“Hakekatnya, qunut witir adalah sejenis do’a yang dibolehkan dalam shalat. Siapa yang mau membacanya, silakan. Dan yang enggan pun dipersilakan. Sebagaimana dalam shalat witir, seseorang boleh memilih tiga, lima, atau tujuh raka’at semau dia. Begitu pula ketika ia melakukan witir tiga raka’at, maka ia boleh melaksanakan 2 raka’at salam lalu 1 raka’at salam, atau ia melakukan tiga raka’at sekaligus. Begitu pula dalam hal qunut witir, ia boleh melakukan atau meninggalkannya sesuka dia. Di bulan Ramadhan, jika ia membaca qunut witir pada keseluruhan bulan Ramadhan, maka itu sangat baik. Jika ia berqunut di separuh akhir bulan Ramadhan, itu pun baik. Jika ia tidak berqunut, juga baik.” (Majmu’ Al Fatawa, 22: 271).
Syekh Ibn Baz rahimahullah ditanya
ما حكم قراءة دعاء القنوت في الوتر في ليالي رمضان وهل يجوز تركه ؟ .
Apa hukum bacaan doa qunut dalam shalat witir pada malam-malam Ramadan, apakah dibolehkan meninggalkannya?
Beliau menjawab:
القنوت سنة في الوتر وإذا تركه في بعض الأحيان : فلا بأس .
“Qunut dalam witir adalah sunnah, kalau ditinggalkan dalam beberapa waktu, maka hal itu tidak mengapa.”
Beliau pun ditanya lagi :
عمن يستمر على القنوت في الوتر كل ليلة فهل أثر هذا عن سلفنا ؟.
Jika qunut terus menerus dilaksanakan dalam witir setiap malam, apa ada atsar (riwayat) dari salaf kita (ulama terdahulu)?
Beliau menjawab:
لا حرج في ذلك بل هو سنة لأن النبي صلى الله عليه وسلم لما علم الحسين بن علي رضي الله عنهما القنوت في الوتر لم يأمر بتركه بعض الأحيان ولا بالمداومة عليه فدل ذلك على جواز الأمرين ، ولذا ثبت عن أبي ابن كعب رضي الله عنه حين كان يصلي بالصحابة رضي الله عنهم في مسجد رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه كان يترك القنوت بعض الليالي ولعل ذلك ليعلم الناس أنه ليس بواجب . والله ولي التوفيق .
" فتاوى إسلامية " ( 2 / 159 ) .
“Hal itu tidak mengapa, bahkan itu adalah sunnah. Karena (ketika) Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan qunut dalam witir kepada Husain bin Ali radhiallahu’anhuma, beliau tidak memerintahkan untuk meninggalkannya sementara waktu dan tidak juga memerintahkan membacanya terus menerus. Hal itu menunjukkan bahwa keduanya (dibaca terus menerus atau sekali-sekali) dibolehkan.
Oleh karena itu terdapat riwayat dari Ubay bin Ka’ab radhiallahu’anhu bahwa ketika beliau mengimami shalat dengan para shahabat radhiallahu’anhum di masjid Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam, beliau meninggalkan qunut pada sebagian malam. Mungkin hal itu bertujuan agar orang-orang mengetahui bahwa itu bukan wajib. Wallahu waliyyu At-Tufiq. (Fatawa Islamiyah, 2/159).
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Qunut witir disunnahkan dalam shalat malam di luar ramadhan maupun di bulan ramadhan dengan membaca doa qunut. Diantara doa qunut yang dicontohkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah berikut ini :
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan doa qunut witri kepada Hasan bin Ali radhiallahu anhuma :
اللهم اهدني فيمن هديت ، وعافني فيمن عافيت ، وتولني فيمن توليت ، وبارك لي فيما أعطيت ، وقني شر ما قضيت ، فإنك تقضي ولا يقضى عليك ، إنه لا يذل من واليت ، ولا يعز من عاديت ، تباركت ربنا وتعاليت ، لا منجى منك إلا إليك
( أخرجه أبو داود، رقم 1213 والنسائي، رقم 1725 ، وصححه الألباني في الإرواء، رقم 429
Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang Engkau beri petunjuk, selamatkan aku sebagaimana orang-orang yang Engkau selamatkan, Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang Engkau pelihara, berkahilah aku atas apa yang Engkau berikan, lindungilah aku keburukan apa yang Engkau tentukan. Sungguh Engkau Maha Menentukan dan tidak ada yang menentukan atas-Mu. Sungguh, tidak akan hina orang yang taat kepada-Mu, dan tidak akan mulia orang yang memusuhi-Mu. Wahai Rabb kami, Engkau sumber kebaikan, Engkau Maha Tinggi. Tidak ada keselamatan kecuali dari-Mu.
(HR. Abu Daud, no. 1213, Nasa'I, no. 1725, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa'ul Ghalil, no. 429)
Berkata Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam, pada akhir shalat witir membaca,
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ " رواه الترمذي 1727 وصححه الألباني في الإرواء 430 وصحيح أبي داود 1282
Ya Allah, sungguh Aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari kemurkaan-Mu, Aku berlindung dari azab-Mu dengan kemaafan-Mu, Aku berlindung kepada-Mu dari (murka)-Mu, Aku tidak dapat menghitung pujian kepada-Mu, Engkau sebagaimana yang Engkau puji atas diri-Mu."
(HR. Tirmizi, no. 1727, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa'ul Ghalil, no. 430, Shahih Abu Daud, no. 1282).
Yang menjadi pertanyaan, bagaimana dengan qunut witir di shalat tarawih, apakah doa qunut itu dibaca diawal ramadhan sampai akhir ramadhan, atau dari mulai pertengahan ramadhan sampai akhir ramadhan, atau sekali-kali qunut, sekali-kali tidak, atau yang sunnah seperti apa?
Dalam hal ini ada perbedaan pendapat ulama. Berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah setelah menyebutkan pendapat para ulama tentang qunut witir :
وَحَقِيقَةُ الْأَمْرِ أَنَّ قُنُوتَ الْوِتْرِ مِنْ جِنْسِ الدُّعَاءِ السَّائِغِ فِي الصَّلَاةِ مَنْ شَاءَ فَعَلَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ . كَمَا يُخَيَّرُ الرَّجُلُ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثِ أَوْ خَمْسٍ أَوْ سَبْعٍ وَكَمَا يُخَيَّرُ إذَا أَوْتَرَ بِثَلَاثِ إنْ شَاءَ فَصَلَ وَإِنْ شَاءَ وَصَلَ . وَكَذَلِكَ يُخَيَّرُ فِي دُعَاءِ الْقُنُوتِ إنْ شَاءَ فَعَلَهُ وَإِنْ شَاءَ تَرَكَهُ وَإِذَا صَلَّى بِهِمْ قِيَامَ رَمَضَانَ فَإِنْ قَنَتَ فِي جَمِيعِ الشَّهْرِ فَقَدْ أَحْسَنَ وَإِنْ قَنَتَ فِي النِّصْفِ الْأَخِيرِ فَقَدْ أَحْسَنَ وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ بِحَالِ فَقَدْ أَحْسَنَ .
“Hakekatnya, qunut witir adalah sejenis do’a yang dibolehkan dalam shalat. Siapa yang mau membacanya, silakan. Dan yang enggan pun dipersilakan. Sebagaimana dalam shalat witir, seseorang boleh memilih tiga, lima, atau tujuh raka’at semau dia. Begitu pula ketika ia melakukan witir tiga raka’at, maka ia boleh melaksanakan 2 raka’at salam lalu 1 raka’at salam, atau ia melakukan tiga raka’at sekaligus. Begitu pula dalam hal qunut witir, ia boleh melakukan atau meninggalkannya sesuka dia. Di bulan Ramadhan, jika ia membaca qunut witir pada keseluruhan bulan Ramadhan, maka itu sangat baik. Jika ia berqunut di separuh akhir bulan Ramadhan, itu pun baik. Jika ia tidak berqunut, juga baik.” (Majmu’ Al Fatawa, 22: 271).
Syekh Ibn Baz rahimahullah ditanya
ما حكم قراءة دعاء القنوت في الوتر في ليالي رمضان وهل يجوز تركه ؟ .
Apa hukum bacaan doa qunut dalam shalat witir pada malam-malam Ramadan, apakah dibolehkan meninggalkannya?
Beliau menjawab:
القنوت سنة في الوتر وإذا تركه في بعض الأحيان : فلا بأس .
“Qunut dalam witir adalah sunnah, kalau ditinggalkan dalam beberapa waktu, maka hal itu tidak mengapa.”
Beliau pun ditanya lagi :
عمن يستمر على القنوت في الوتر كل ليلة فهل أثر هذا عن سلفنا ؟.
Jika qunut terus menerus dilaksanakan dalam witir setiap malam, apa ada atsar (riwayat) dari salaf kita (ulama terdahulu)?
Beliau menjawab:
لا حرج في ذلك بل هو سنة لأن النبي صلى الله عليه وسلم لما علم الحسين بن علي رضي الله عنهما القنوت في الوتر لم يأمر بتركه بعض الأحيان ولا بالمداومة عليه فدل ذلك على جواز الأمرين ، ولذا ثبت عن أبي ابن كعب رضي الله عنه حين كان يصلي بالصحابة رضي الله عنهم في مسجد رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه كان يترك القنوت بعض الليالي ولعل ذلك ليعلم الناس أنه ليس بواجب . والله ولي التوفيق .
" فتاوى إسلامية " ( 2 / 159 ) .
“Hal itu tidak mengapa, bahkan itu adalah sunnah. Karena (ketika) Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan qunut dalam witir kepada Husain bin Ali radhiallahu’anhuma, beliau tidak memerintahkan untuk meninggalkannya sementara waktu dan tidak juga memerintahkan membacanya terus menerus. Hal itu menunjukkan bahwa keduanya (dibaca terus menerus atau sekali-sekali) dibolehkan.
Oleh karena itu terdapat riwayat dari Ubay bin Ka’ab radhiallahu’anhu bahwa ketika beliau mengimami shalat dengan para shahabat radhiallahu’anhum di masjid Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam, beliau meninggalkan qunut pada sebagian malam. Mungkin hal itu bertujuan agar orang-orang mengetahui bahwa itu bukan wajib. Wallahu waliyyu At-Tufiq. (Fatawa Islamiyah, 2/159).
Komentar
Posting Komentar