Haram Menshalatkan Ahlul Bid'ah?

HARAM MENSHALATKAN AHLUL BID'AH?

Oleh : Abu Fadhel Majalengka

Apakah Khawarij Kafir?

Ada sekelompok orang yang mengaku salafi sejati, tidak mau menshalatkan dan mendoakan ustadz JUT karena beliau katanya ahlul bid'ah yang jatuh kepada faham khawarij. Beliau mengkafirkan pemerintah yang tidak berhukum dengan hukum Allah.

Kesalahan beliau, tidak merinci dulu yang tidak berhukum dengan hukum Allah hukumnya kafir. Tidak sebagaimana ulama ahlussunnah wal jamaah yang merinci terlebih dahulu. Silahkan baca disini : https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2019/08/ulil-amri-dan-hukum-allah.html?m=1

Kalaupun memang beliau demikian, belum rujuk dari pemahamannya atau sudah rujuk akan tetapi mengulang kembali kesalahannya, beliau masih seorang muslim. Karena faham khawarij tidak mengeluarkan seseorang dari islam.

Berkata Al-Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah :

اختلف العلماء في كفرهم ، والصحيح أنهم لا يكفرون ؛ فقد سئل عنهم علي بن أبي طالب رضي الله عنه : أكفار هم ؟ قال : ” من الكفر فروا ” ، فهم وقعوا في بدعة التكفير ، فلا نقع نحن في بدعة التكفير فنكفرهم ، هذا هو القول الراجح إن شاء الله تعالى

“Para ulama berbeda pendapat akan kekafiran khawarij, pendapat yang benar mereka tidak kafir. Ali bin Abi Thalib pernah ditanya ; ‘apakah khawarij kafir?’. Beliau menjawab ; ‘Mereka lari dari kekafiran’.
Maka khawarij ini terjerumus ke dalam bid’ah pengkafiran, dan kita tidak mau terjerumus seperti mereka dengan ikut-ikutan mengkafirkan mereka. Ini adalah pendapat yang lebih benar insya’Allah ta’ala”. (Syarah Lum’atul I’tiqad : 7/26).

Menshalatkan Ahlul Bid'ah

Menshalatkan jenazah seorang muslim dari kalangan ahlul bid'ah, kebanyakan ulama membolehkan dan sebagian ulama tidak memperbolehkan. Termasuk Imam Malik rahimahullah, beliau memakruhkan bagi para tokoh atau pembesar negeri untuk menshalatkan ahlul bid'ah, dalam rangka sangsi sosial, supaya masyarakat tidak mengikuti prilaku ahlul bid'ah.

Berkata Ibnu Rusyd rahimahullah :

وأجمع  أكثر أهل العلم على إجازة الصلاة على كل من قال لا إله إلا الله. وفي ذلك أثر أنه قال عليه الصلاة والسلام "صلوا على من قال " لا إله إلا الله " وسواء كان من أهل كبائر أو من أهل البدع، إلا أن مالكا كره لأهل الفضل الصلاة على أهل البدع، ولم ير أن يصلي الإمام على من قتله حدا. ومن العلماء من لم يجز الصلاة على أهل الكبائر ولا أهل البغي والبدع. وأما كراهية مالك الصلاة على أهل البدع فذلك لمكان الزجر والعقوبة لهم.

“Dan mayoritas ulama sepakat membolehkan umat Islam untuk menyembahkan jenazah setiap orang yang mengucapkan “Lâ ilâha illallâh” baik jenazah itu pelaku dosa besar maupun ahli bid‘ah. Hanya saja Imam Malik memakruhkan orang-orang terpandang atau terkemuka untuk ikut menyembahyangkan jenazah ahli bid’ah. Tetapi Imam Malik tidak berpendapat bahwa pemerintah menyembahyangkan jenazah mereka yang terkena hukuman mati (hudud). Bahkan sebagian ulama tidak memperbolehkan masyarakat menyembahyangkan jenazah pelaku dosa besar, pelaku zina, dan pelaku bid‘ah. Pilihan makruh oleh Imam Malik lebih pada kecaman dan sanksi (sosial) untuk mereka,” (Fathul Qadir 1/457). Sumber : https://www.alukah.net/sharia/0/75573/

Ahlul bid'ah, yang kebid'ahannya tidak sampai mengeluarkannya dari islam, sebagian kaum muslimin tetap wajib menshalatkannya kalau dia meninggal dunia.

Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :

"كل من لم يعلم أنه كافر بالباطن جازت الصلاة عليه والاستغفار له وإن كانت فيه بدعة وله ذنوب" المجموع ٧ / ٢١٧

“Setiap orang yang tidak diketahui bahwa ia kafir secara batin (keyakinan) maka boleh menshalatkannya dan memintakan ampunan untuknya. Sekalipun padanya ada kebid’ahan dan perbuatan-perbuatan dosa. (Al Majmu' 7/217). http://www.adnanabdulqader.com/art_d.php?id=1059

Dan berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam kitab lain.

كل من لم يعلم أنه كافر بالباطن جازت الصلاة عليه والاستغفار له وإن كانت فيه بدعة وإن كان له ذنوب .

وإذا ترك الإمام أو أهل العلم والدين الصلاة على بعض المتظاهرين ببدعة أو فجور زجراً عنها. لم يكن ذلك محرماً للصلاة عليه والاستغفار له . [كتاب الإيمان ص 172]

“Setiap orang yang tidak diketahui bahwa ia kafir secara batin (keyakinan) maka boleh menshalatkannya dan memintakan ampunan untuknya. Sekalipun padanya ada kebid’ahan dan perbuatan-perbuatan dosa.

Kalaupun imam (penguasa) dan ahlu Ilmi (ulama) tidak ikut menyalatkan jenazah orang-orang yang memperlihatkan kebid’ahan dan kemaksiatannya sebagai peringatan keras terhadapnya, maka hal itu bukanlah tanda haram menshalatkan dan memintakan ampunan untuknya. (Kitabul Iman hal 172).

Asy-Syaikh Al-Allamah Rabi’ Bin Hadi Al-Madkhali Hafidzahullah pernah ditanya :

Apakah tolak ukur ahli sunnah wal jama’ah dalam menshalatkan ahli bid’ah dan bolehkah memintakan rahmat atas mereka?

Beliau menjawab :

السلف إذا درست كتبهم تراهم في الأمور الظاهرة، إذا وقع الإنسان مثلا في القول بخلق القرآن أو عطل صفات الله، الأمور الظاهرة، إذا وقع فيها فإن السلف يُبَدِّعونه، بارك الله فيك،

As Salaf itu, jika anda pelajari buku-buku mereka niscaya anda akan melihat perkara yang jelas, bahwa apabila seorang terjatuh (dalam kesalahan) misalnya : mengatakan Al-Qur’an mahluk, menolak sifat-sifat Allah atau perkara-perkara yang jelas. Apabila seorang terjatuh pada perkara tersebut maka para salaf akan membid’ahkannya, baarakallahu fiik.

أما قضية الترحم، فالسلف يرون الصلاة على أهل القبلة جميعا، ما داموا أهل القبلة، ويصلون إلى هذه القبلة، هذا كثير وموجود في كتب السلف، والصلاة ترحم عليهم فإذا صلى عليهم، 
Adapun masalah memintakan ampunan, maka para salaf menganggap berdoa untuk ahli kiblat (orang islam) secara keseluruhan selama mereka adalah ahli kiblat dan masih shalat menghadap kiblat (Ka’bah) dan bahasan ini banyak dalam kitab-kitab salaf, sedangkan shalat adalah permintaan ampunan atas mereka jika ia menyalatkan mereka.

فإذا كان هناك إمام متَّبَع فله أن لا يصلي على هذا المبتدع حتى يعرف الناس حقارة البدعة، 
وأما سائر الناس فلهم أن يصلوا على هذا المبتدع بل يجب عليهم لأنه من فروض الكفايات، أن يصلوا على هذا المسلم ولو كان غارقا في البدع، ولهم أن يترحموا عليه، وإذا كان هناك إنسان متَّبَع ويريد أن يؤدبه فلا يترحم عليه، ولكن لا يحرم الترحم ولا يمنع منه.

Maka jika disana ada pemimpin yang dipatuhi hendaknya ia tidak ikut menshalatkan pelaku bid’ah ini sehingga orang-orang tahu keburukan bid’ah. Adapun seluruh manusia (selain pemimpin) hendaknya mereka menshalatkan pelaku bid’ah ini bahkan hal ini wajib bagi mereka karena ini termasuk fardhu kifayah. Mereka harus tetap menyalatkan orang muslim ini sekalipun ia tenggelam dalam kebid’ahan dan tetap memintakan ampunan untuknya.

Jika disana ada seorang tokoh yang diteladani dan ia ingin memberi pelajaran kepadanya maka hendaknya ia tidak memintakan ampunan untuknya, akan tetapi bukan berarti memintakan ampunan ini diharamkan dan tidak pula terlarang darinya.”
Sumber : http://www.rabee.net/ar/print.php?typ=2&newsid=753

Berkata Syeikh Bin Baaz rahimahullah :

الصلاة على الميت المسلم واجبة وإن كانت لديه بدعة، ويصلي عليهم بعض الناس إذا كانت بدعتهم لا تخرجهم عن الإسلام،

Menshalatkan mayat seorang muslim adalah wajib walaupun ada padanya kebid'ahannya. Sebagian manusia menshalatkan mereka, apabila bid'ah mereka tidak mengeluarkannya dari islam

أما إذا كانت بدعتهم توجب كفرهم فإنه لا يصلى عليهم، ولا يستغفر لهم؛ كالجهمية والمعتزلة والرافضة الذين يدعون عليا ويستغيثون به وبأهل البيت وأشباههم؛ لقول الله سبحانه في المنافقين وأشباههم: وَلا تُصَلِّ عَلَى أَحَدٍ مِنْهُمْ مَاتَ أَبَدًا وَلا تَقُمْ عَلَى قَبْرِهِ إِنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَاتُوا وَهُمْ فَاسِقُونَ [التوبة:84]. مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز (13/ 161)..

Adapun jika bid'ah mereka jatuh kepada kekafiran, maka sesungguhnya tidak boleh menshalatkan dan tidak boleh memintakan ampun bagi mereka. Seperti (kafirnya) jahmiyyah, mu'tazilah dan (syiah) rafidhah yang mereka berdoa dan beristighotsah kepada Ali, ahlul bait dan yang serupa mereka.

Dan janganlah kamu sekali-kali menyalatkan (jenazah) seorang pun yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka mati dalam keadaan fasik. (At Taubah : 84). (Majmu' Fatawa 13/161).

Jika ada seseorang atau sekelompok orang yang memutlakkan tidak menshalatkan ahlul bid'ah, padahal bid'ahnya tidak mengeluarkannya dari islam, ketahuilah, virus khawarij bercokol dalam diri atau kelompoknya.

Berkata Syeikh Sulaiman Bin Nashir Al Ulwan hafidzohullôh :

الميت المبتدع الذي لا تخرجه بدعته عن الإسلام حكمه حكم عامة المسلمين تشرع الصلاة عليه ولا تجب على كل أحد و يدعى له بالمغفرة و الرحمة والرضوان.

Mayat ahlul bid'ah, yang bid'ahnya tidak mengeluarkannya dari islam, hukumnya sebagaimana hukum kaum muslimin secara umum, shalat disyariatkan atasnya dan tidak diwajibkan atas setiap orang (fardhu kifayyah), berdoa (kepada Allah), memintakan ampun, rahmat dan ridha untuknya.

ولا أعلم أحدا من أهل السنة قال بمنع الترحم و الإستغفار على أهل البدع مطلقا فهذا قول الخوارج المارقين وأهل الضلال المنحرفين عن الحق.

Dan saya tidak mengetahui seorang pun dari ahlussunnah yang berkata melarang memintakan rahmat dan ampunan atas ahlul bid'ah secara mutlak. Maka (jika ada yang memutlakkan) ini perkataan khawarij pemberontak dan ahlul dholal yang menyimpang dari kebenaran.

والأصل الجامع في ذلك أن كل من قال لا إله إلا الله وشهد أن محمدا رسول الله ولم نعلم عنه كفرا ظاهرا فإنه يصلى عليه و يستغفر له فإن الله تعالى حين منع من الإستغفار للمشركين في قوله( ما كان للنبي والذين آمنوا أن يستغفروا للمشركين ولو كانوا أولي قربى... ) كان هذا دليلا على جواز الإستغفار على أهل البدع والمعاصي المعدودين في أهل القبلة .

Dan dasar yang mencakup pada yang demikian itu bahwa setiap orang yang berkata laa ilaaha illallah dan bersaksi Muhammad Rasulullah dan kami tidak mengetahui kekafiran yang tampak darinya, maka sesungguhnya boleh menshalatkannya dan meminta ampun baginya. Sesungguhnya Allah Ta'ala ketika Dia melarang memintakan ampun untuk orang-orang musyrik didalam firmannya :

Tiadalah sepatutnya bagi nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka Jahim. (At Taubah 113).

Ini adalah dalil atas bolehnya memintakan ampun atas ahlul bid'ah dan orang yang banyak maksiat dari ahlul kiblat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?