MENGAMALKAN AMALAN BID'AH, MENINGGALKAN YANG DISYARIATKAN
MENGAMALKAN AMALAN BID'AH, MENINGGALKAN YANG DISYARIATKAN
Ada orang semalam suntuk shalat tahajjud, namun dia tidak hadir shalat berjama’ah subuh. Apalagi kalau semalam suntuk mengamalkan shalat yang tidak disyariatkan atau amalan bid'ah lainnya, namun tidak hadir shalat jamaah subuh, ini lebih celaka lagi. Dan lebih parah dari itu, sudah melakukan amalan bid'ah, plus maksiat lagi.
Umar Bin Khattab radhiyallahu anhu, menegur dengan keras orang yang tidak shalat berjama’ah subuh gara-gara shalat tahajjud semalam suntuk.
Berkata Imam Malik bin Anas rahimahullah,
عن ابن شهاب عن أبي بكر بن سليمان بن أبي حثمة :أن عمر بن الخطاب فقد سليمان بن أبي حثمة في صلاة الصبح وأن عمر بن الخطاب غدا إلى السوق ومسكن سليمان بين السوق والمسجد النبوي فمر على الشفاء أم سليمان فقال لها لم أر سليمان في الصبح فقالت إنه بات يصلي فغلبته عيناه فقال عمر لأن أشهد صلاة الصبح في الجماعة أحب إلى من أن أقوم ليلة
“Dari Ibnu Syihab, dari Abu Bakr bin Sulaiman bin Abi Khatsmah, bahwasanya Umar bin Al-Khaththab tidak mendapatkan Sulaiman bin Abi Khatsmah ketika sholat shubuh, kemudian beliau pagi-pagi pergi ke pasar, sementara rumah Sulaiman berada diantara pasar dan Masjid Nabawy, maka beliau melewati Asy-Syifa (Ibu Sulaiman), seraya berkata: Aku tidak melihat Sulaiman pada saat sholat shubuh tadi? (Ibu Sulaiman) berkata: Tadi malam dia sholat malam sehingga ketiduran (dari sholat shubuh). Umar berkata: Sungguh aku menghadiri sholat shubuh secara berjama’ah lebih aku cintai daripada sholat semalam suntuk” (Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al-Muwaththa’, Kitab Ash-Shalah, Bab Maa Jaa’a fil ‘Atamah wa Ash-Shubh 1/129 no: 328) n Anas, al-Muwattha’, juz 1, hal. 291).
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda tentang keutamaan shalat subuh yang dilakukan berjamaah di masjid dibandingkan dengan shalat sunnah semalam suntuk.
مَن صَلَّى العِشَاءَ في جَمَاعَةٍ فَكَأنَّما قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَمَن صَلَّى الصُّبْحَ في جَمَاعَةٍ فَكَأنَّما صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ
“Barangsiapa yang salat Isya berjemaah, maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat Subuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).
Masih di zaman Umar Bin Khattab radhiyallahu anhu, beliau akan memukul orang yang begadang, sehingga tidak shalat subuh. Itu begadang yang bukan mengamalkan amalan bid'ah dan maksiat, apatah lagi kalau begadang karena melakukan amalan bid'ah dan maksiat, tentu Umar radhiyallahu anhu akan lebih murka lagi.
Berkata Al-Hafidz Ibn Hajar rahimahullah,
وَالسَّمَر بَعْدَهَا قَدْ يُؤَدِّي إِلَى النَّوْم عَنْ الصُّبْح ، أَوْ عَنْ وَقْتهَا الْمُخْتَار ، أَوْ عَنْ قِيَام اللَّيْل. وَكَانَ عُمَر بْن الْخَطَّابِ يَضْرِب النَّاس عَلَى ذَلِكَ وَيَقُول : أَسَمَرًا أَوَّلَ اللَّيْل وَنَوْمًا آخِرَهُ ؟
Begadang setelah isya bisa menyebabkan ketiduran sehingga tidak shalat subuh, atau kesiangan ketika shalat subuh, atau tidak melakukan shalat malam. Bahkan Umar bin Khatab memukul orang-orang yang begadang, sambil mengatakan, ‘Apakah mereka begadang di awal malam dan tidur di akhir malam?.’ (Fathul Bari, 2/73).
Ini realita di zaman sekarang ini, menghidupkan amalan bid'ah di malam atau siang hari, namun shalat lima waktu secara berjamaah yang disyariatkan ditinggalkan. Tetapi mereka tetap pede mengklaim ahlussunnah, dan menuduh yang rajin shalat berjama’ah sebagai WAHABI.
AFM
Copas dari berbagai sumber
Komentar
Posting Komentar