Standar Ukuran Ideal Lamanya Shalat

STANDAR IDEAL UKURAN LAMANYA SHALAT 


Standar ukuran ideal lamanya shalat seseorang adalah lama berdiri, hampir sama dengan lama rukuk dan sujud. Kecuali berdiri untuk membaca surah (al-Fatihah dan surah setelah Al Fatihah) dan membaca tasyahud. 

Berkata Al Barra bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma :

رَمَقْتُ الصَّلاةَ مَعَ مُحَمَّدٍ – صلى الله عليه وسلم – فَوَجَدْتُ قِيَامَهُ  فَرَكْعَتَهُ فَاعْتِدَالَهُ بَعْدَ رُكُوعِهِ  فَسَجْدَتَهُ  فَجِلْسَتَهُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ  فَسَجْدَتَهُ فَجِلْسَتَهُ مَا بَيْنَ التَّسْلِيمِ وَالانْصِرَافِ: قَرِيباً مِنْ السَّوَاءِ

“Aku memperhatikan shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan aku dapati berdiri beliau (dalam shalat), ruku’ lalu i’tidal beliau setelah ruku, serta sujud, duduk diantara dua sujud, lalu sujud beliau, serta duduk beliau seletah salam hingga berpaling (menuju rumah beliau), itu semua hampir sama (waktunya)” Riwayat Bukhari Muslim. 

Dalam riwayat Imam Bukhari rahimahullah disebutkan:  

مَا خَلا الْقِيَامَ وَالْقُعُودَ قَرِيباً مِنْ السَّوَاءِ

“Selain berdiri (ketika membaca surah) dan duduk (tasyahhud) itu semua hampir sama” 

Shalat Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, begitu lama, begitu thumaninah. Jika beliau mengangkat kepalanya dari ruku’, beliau tidak akan turun bersujud sampai berdiri dengan sempurna. Dan jika beliau mengangkat kepalanya dari sujud, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak bersujud sampai duduk dengan sempurna. 

Berkata ‘Aisyah Radhiyallahu anha :

وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِىَ قَائِمًا وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ السَّجْدَةِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِىَ جَالِسًا

Dan beliau (Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ) jika mengangkat kepalanya dari ruku’, beliau tidak akan turun bersujud sampai berdiri dengan sempurna. Dan jika beliau mengangkat kepalanya dari sujud, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak bersujud sampai duduk dengan sempurna. Riwayat Muslim. 

An-Nawawi rahimahullah berkata,

وَتَجِبُ الطُّمَأْنِينَةُ في الركوع بلا خلاف لحديث ” المسئ صَلَاتَهُ ” وَأَقَلُّهَا أَنْ يَمْكُثَ فِي هَيْئَةِ الرُّكُوعِ حَتَّى تَسْتَقِرَّ أَعْضَاؤُهُ وَتَنْفَصِلَ حَرَكَةُ هُوِيِّهِ عَنْ ارْتِفَاعِهِ مِنْ الرُّكُوعِ (المجموع شرح المهذب (3/ 408-409)

“Thuma’ninah” wajib dalam rukuk tanpa ada perselisihan berdasarkan hadits orang yang salah dalam salatnya. Kadar minimal “thuma’ninah” adalah berhenti sejenak dalam keadaan rukuk sampai stabil anggota tubuhnya dan terpisah antara gerakan turun dengan gerakan naik saat rukuk” (Al-Majmu’, juz 3 hlm 408-409)

Dan An-Nawawi rahimahullah berkata,

لَا يَكْفِي فِي وَضْعِ الْجَبْهَةِ الْإِمْسَاسُ بَلْ يَجِبُ أَنْ يَتَحَامَلَ عَلَى مَوْضِعِ سُجُودِهِ بِثِقَلِ رَأْسِهِ وَعُنُقِهِ حَتَّى تَسْتَقِرَّ جَبْهَتُهُ فَلَوْ سَجَدَ عَلَى قُطْنٍ أَوْ حشيش أو شئ مَحْشُوٍّ بِهِمَا وَجَبَ أَنْ يَتَحَامَلَ حَتَّى يَنْكَبِسَ ويظهر اثره علي يد لو فُرِضَتْ تَحْتَ ذَلِكَ الْمَحْشُوِّ فَإِنْ لَمْ يَفْعَلْ لَمْ يُجْزِئْهُ (المجموع شرح المهذب (3/ 423)

“Tidak cukup meletakkan dahi dengan cara hanya menyentuhkannya saja. Bahkan menjadi keharusan untuk menjatuhkan beban memakai berat kepala dan pundak pada tempat sujudnya hingga dahinya menjadi stabil. Jika dia sujud di atas kapas atau rumput atau sesuatu yang diisi dengan dua bahan ini, maka wajib baginya untuk menjatuhkan beban tubuhnya hingga dahinya masuk ke dalam benda tersebut dan tampak bekasnya pada tangannya seandainya tangan tersebut diletakkan di bawah benda itu. Jika dia tidak melakukan itu, maka sujudnya tidak sah” (Al-Majmu’ juz 3 hlm 423)

Dan An-Nawawi rahimahullah berkata,

وَلَوْ زَادَ فِي الْهُوِيِّ ثُمَّ ارْتَفَعَ والحركات متصلة ولم يلبث لم تحصل المطمأنينة وَلَا يَقُومُ زِيَادَةُ الْهُوِيِّ مَقَامَ الطُّمَأْنِينَةِ بِلَا خِلَافٍ (المجموع شرح المهذب (3/ 409)

“…Jika dia menambah gerakan turun kemudian bangkit sementara gerakannya yang bersambung dan tidak berhenti sejenak, maka tidak terealisasi “thuma’ninah”. Penambahan gerakan turun ini tidak bisa menggantikan keharusan “thuma’ninah” tanpa ada perselisihan” (Al-Majmu’ juz 3 hlm 409)

Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah berkata,

وَضَابِطُهَا أَنْ تَسْكُنَ وَتَسْتَقِرَّ أَعْضَاؤُهُ (بِحَيْثُ يَنْفَصِلُ رَفْعُهُ) مِنْهُ (عَنْ هَوِيِّهِ) (تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (2/ 59)

“Standar “thuma’ninah” adalah tenang dan stabilnya anggota tubuh, yakni terpisahnya gerakan naik dengan gerakan turun” (Tuhfatu Al-Muhtaj, juz 2 hlm 59).

AFM 

Copas dari berbagai sumber 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?