Berbicara Haram Membatalkan Puasa?
BERBICARA HARAM MEMBATALKAN PUASA ?
Jika seseorang berpuasa, namun tidak meninggalkan perkataan haram, seperti menggunjing (menggibah), mengolok, mencela, berdusta, menipu, memfitnah dan yang sejenisnya, apakah puasanya batal?
Puasanya tidak batal, cuma mengurangi pahalanya dan kesempurnaan puasanya.
Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya :
هل تحدث المرء بكلام حرام في نهار رمضان يفسد صومه ؟
“Apakah seseorang yang berbicara dengan perkataan haram di siang hari Ramadan membatalkan puasanya?”.
Beliau menjawab :
"إذا قرأنا قول الله عز وجل: ( يا أَ يُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ) عرفنا ما هي الحكمة من إيجاب الصوم وهي التقوى ، والتقوى هي ترك المحرمات، وهي عند الإطلاق تشمل فعل المأمور به وترك المحظور ، وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم : (من لم يدع قول الزور ، والعمل به ، والجهل فليس لله حاجة أن يدع طعامه وشرابه)
“Kalau kita membaca firman Allah Ta’ala: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah: 183).
Kita ketahui bahwa hikmah diwajbkannya berpuasa adalah meraih takwa. Dan takwa adalah meninggalkan sesuatu yang diharamkan. Ketika disebutkan secara mutlak, berarti pemahamannya adalah apa saja yang diperintahkan dan meninggalkan apa saja yang membahayakan. (Sementara Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda): “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan melakukanya, serta bertindak bodoh, maka Allah tidak butuh dia meninggalkan makanan dan minumannya”.
وعلى هذا يتأكد على الصائم اجتناب المحرمات من الأقوال والأفعال ، فلا يغتاب الناس ، ولا يكذب ، ولا ينم بينهم ، ولا يبيع بيعاً محرماً ، ويجتنب جميع المحرمات . وإذا اجتنب الإنسان ذلك في شهر كامل فإن نفسه سوف تستقيم بقية العام ، ولكن المؤسف أن كثيراً من الصائمين لا يفرقون بين يوم صومهم وفطرهم ، فهم على العادة التي هم عليها من الأقوال المحرمة من كذب وغش وغيره ، ولا تشعر أن عليه وقار الصوم ، وهذه الأفعال لا تبطل الصيام ، ولكن تنقص من أجره ، وربما عند المعادلة تضيع أجر الصوم" اهـ .
Dari sini ditekankan bagi orang yang berpuasa agar menjauhi semua yang diharamkan. Kalau seseorang dapat menjauhi perkara ini selama sebulan penuh, maka dirinya akan mampu menjaganya pada sisa waktunya dalam setahun. Akan tetapi sangat disayangkan sekali, banyak di kalangan orang-orang yang berpuasa, tidak membedakan antara hari puasa dan hari berbuka. Mereka tetap dalam kebiasaan semula, dari perkataan haram, bohong dan menipu dan lainnya. Dia tidak merasakan nikmatnya puasa. Perbuatan- perbuatan ini tidak membatalkan puasa, akan tetapi mengurangi pahalanya. Bisa jadi kalau ditimbang akan hilang pahala puasanya.
di Fatawa Siyam, hal. 358. Sumber : http://iswy.co/e3oli
Untuk itu jauhilah banyak bicara, banyak ngobrol yang sia-sia, karena kadang kalau sudah banyak bicara, terjatuh pada bicara yang diharamkan.
Syekh Utsaimin rahimahullah ditanya :
يقول رجل صائم وهو يتكلم كثيرا في مجلسه، فهل صيامه صحيحا أم لا، مع العلم أن الكلام دون فائدة؟
Seseorang berkata, ada orang yang puasa, dia banyak bicara di majelisnya, maka apakah puasanya sah atau tidak, perlu diketahui bahwa ucapannya itu tanpa faedah?
Beliau berkata :
صيامه صحيح، ولكنه ينبغي للصائم أن يستغرق صيامه بالطاعات؛ من صلاة وقراءة قرآن، وذكر وغير ذلك، فأما الكلام اللغو فإنه خسارة على الإنسان سواء كان صائما أو مفطرا؛ لقول النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم: « من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرا أو ليصمت ».
Puasanya sah, akan tetapi seharusnya bagi orang yang berpuasa untuk menyibukkan puasanya dengan ketaatan-ketaatan. Diantaranya shalat, baca Al-Quran, dzikir dan lain sebagainya, maka adapun ucapan yang sia-sia maka itu suatu kerugian bagi setiap insan, sama saja dia berpuasa atau pun tidak berpuasa; berdasarkan sabda nabi shalallahu alaihi wa sallam :
"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat maka hendaknya dia berkata kebaik atau diam."
والكلام اللغو يصحبه أحيانا كلام محرم؛ من ريبة أو سخرية بأحد أو ما أشبه ذلك، فينبغي للعاقل أن يحفظ لسانه عن كل شيء لا فائدة فيه؛ سواء كان صائما أو مفطرا.
Dan ucapan yang sia-sia terkadang dapat menjadi ucapan yang haram. Diantaranya keraguan (1) atau memperolok-olok seseorang atau semisal itu, maka seharusnya bagi orang yang berakal untuk menjaga lisannya dari setiap sesuatu yang tidak ada faedah di dalamnya; sama saja apakah dia berpuasa atau tidak.
Sumber : https://www.alathar.net/home/esound/index.php?op=codevi&coid=56864
AFM
(1) Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :
دع ما يريبك إلى ما لا يريبك,فإن الصدق طمأنينة,والكذب ريبة)) رواه الترمذي وقال حسن صحيح
”Tinggalkan apa yang meragukanmu dan lakukan yang tidak meragukan. Sesungguhnya kejujuran itu merupakan thuma’ninah (ketenangan), sedangkan kedustaan merupakan keraguan.”(HR.At-Tirmidzi dan dia mengatakan hasan shahih).
Seorang pendusta, dia akan ragu terhadap dirinya sendiri, apakah manusia akan membenarkan dan mempercayainya atau akan mendustakannya, sehingga kadang dia bersumpah supaya orang percaya dengan perkataannya.
Jika seseorang berpuasa, namun tidak meninggalkan perkataan haram, seperti menggunjing (menggibah), mengolok, mencela, berdusta, menipu, memfitnah dan yang sejenisnya, apakah puasanya batal?
Puasanya tidak batal, cuma mengurangi pahalanya dan kesempurnaan puasanya.
Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya :
هل تحدث المرء بكلام حرام في نهار رمضان يفسد صومه ؟
“Apakah seseorang yang berbicara dengan perkataan haram di siang hari Ramadan membatalkan puasanya?”.
Beliau menjawab :
"إذا قرأنا قول الله عز وجل: ( يا أَ يُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ) عرفنا ما هي الحكمة من إيجاب الصوم وهي التقوى ، والتقوى هي ترك المحرمات، وهي عند الإطلاق تشمل فعل المأمور به وترك المحظور ، وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم : (من لم يدع قول الزور ، والعمل به ، والجهل فليس لله حاجة أن يدع طعامه وشرابه)
“Kalau kita membaca firman Allah Ta’ala: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah: 183).
Kita ketahui bahwa hikmah diwajbkannya berpuasa adalah meraih takwa. Dan takwa adalah meninggalkan sesuatu yang diharamkan. Ketika disebutkan secara mutlak, berarti pemahamannya adalah apa saja yang diperintahkan dan meninggalkan apa saja yang membahayakan. (Sementara Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda): “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan melakukanya, serta bertindak bodoh, maka Allah tidak butuh dia meninggalkan makanan dan minumannya”.
وعلى هذا يتأكد على الصائم اجتناب المحرمات من الأقوال والأفعال ، فلا يغتاب الناس ، ولا يكذب ، ولا ينم بينهم ، ولا يبيع بيعاً محرماً ، ويجتنب جميع المحرمات . وإذا اجتنب الإنسان ذلك في شهر كامل فإن نفسه سوف تستقيم بقية العام ، ولكن المؤسف أن كثيراً من الصائمين لا يفرقون بين يوم صومهم وفطرهم ، فهم على العادة التي هم عليها من الأقوال المحرمة من كذب وغش وغيره ، ولا تشعر أن عليه وقار الصوم ، وهذه الأفعال لا تبطل الصيام ، ولكن تنقص من أجره ، وربما عند المعادلة تضيع أجر الصوم" اهـ .
Dari sini ditekankan bagi orang yang berpuasa agar menjauhi semua yang diharamkan. Kalau seseorang dapat menjauhi perkara ini selama sebulan penuh, maka dirinya akan mampu menjaganya pada sisa waktunya dalam setahun. Akan tetapi sangat disayangkan sekali, banyak di kalangan orang-orang yang berpuasa, tidak membedakan antara hari puasa dan hari berbuka. Mereka tetap dalam kebiasaan semula, dari perkataan haram, bohong dan menipu dan lainnya. Dia tidak merasakan nikmatnya puasa. Perbuatan- perbuatan ini tidak membatalkan puasa, akan tetapi mengurangi pahalanya. Bisa jadi kalau ditimbang akan hilang pahala puasanya.
di Fatawa Siyam, hal. 358. Sumber : http://iswy.co/e3oli
Untuk itu jauhilah banyak bicara, banyak ngobrol yang sia-sia, karena kadang kalau sudah banyak bicara, terjatuh pada bicara yang diharamkan.
Syekh Utsaimin rahimahullah ditanya :
يقول رجل صائم وهو يتكلم كثيرا في مجلسه، فهل صيامه صحيحا أم لا، مع العلم أن الكلام دون فائدة؟
Seseorang berkata, ada orang yang puasa, dia banyak bicara di majelisnya, maka apakah puasanya sah atau tidak, perlu diketahui bahwa ucapannya itu tanpa faedah?
Beliau berkata :
صيامه صحيح، ولكنه ينبغي للصائم أن يستغرق صيامه بالطاعات؛ من صلاة وقراءة قرآن، وذكر وغير ذلك، فأما الكلام اللغو فإنه خسارة على الإنسان سواء كان صائما أو مفطرا؛ لقول النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم: « من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرا أو ليصمت ».
Puasanya sah, akan tetapi seharusnya bagi orang yang berpuasa untuk menyibukkan puasanya dengan ketaatan-ketaatan. Diantaranya shalat, baca Al-Quran, dzikir dan lain sebagainya, maka adapun ucapan yang sia-sia maka itu suatu kerugian bagi setiap insan, sama saja dia berpuasa atau pun tidak berpuasa; berdasarkan sabda nabi shalallahu alaihi wa sallam :
"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat maka hendaknya dia berkata kebaik atau diam."
والكلام اللغو يصحبه أحيانا كلام محرم؛ من ريبة أو سخرية بأحد أو ما أشبه ذلك، فينبغي للعاقل أن يحفظ لسانه عن كل شيء لا فائدة فيه؛ سواء كان صائما أو مفطرا.
Dan ucapan yang sia-sia terkadang dapat menjadi ucapan yang haram. Diantaranya keraguan (1) atau memperolok-olok seseorang atau semisal itu, maka seharusnya bagi orang yang berakal untuk menjaga lisannya dari setiap sesuatu yang tidak ada faedah di dalamnya; sama saja apakah dia berpuasa atau tidak.
Sumber : https://www.alathar.net/home/esound/index.php?op=codevi&coid=56864
AFM
(1) Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :
دع ما يريبك إلى ما لا يريبك,فإن الصدق طمأنينة,والكذب ريبة)) رواه الترمذي وقال حسن صحيح
”Tinggalkan apa yang meragukanmu dan lakukan yang tidak meragukan. Sesungguhnya kejujuran itu merupakan thuma’ninah (ketenangan), sedangkan kedustaan merupakan keraguan.”(HR.At-Tirmidzi dan dia mengatakan hasan shahih).
Seorang pendusta, dia akan ragu terhadap dirinya sendiri, apakah manusia akan membenarkan dan mempercayainya atau akan mendustakannya, sehingga kadang dia bersumpah supaya orang percaya dengan perkataannya.
Komentar
Posting Komentar