Jika Masjid Kembali Dibuka
JIKA MASJID KEMBALI DIBUKA
Jika masjid nanti kembali dibuka, namun wabah penyakit menular virus corona semakin menggila di tempat tersebut (zona merah), apakah seseorang masih nekat pergi ke masjid untuk shalat berjamaah?
Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita membahas tentang salah satu udzur seseorang tidak shalat berjamaah di masjid, yakni sakit.
Dan sakit disini adalah sakit yang memberatkan dan menyulitkan dirinya untuk melangkahkan kaki ke masjid.
Abu Burdah bin Abu Musa dari bapaknya, dia berkata:
مَرِضَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ مُرُوا أَبَا بَكْرٍ فَلْيُصَلِّ بِالنَّاسِ (البخاري)
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sakit, lalu dia perintahkan Abu Bakar untuk mengimami orang-orang shalat. (HR. Bukhari).
Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta’ ditanya :
هل المرض العادي يعتبر عذرًا عن صلاة الجماعة ؟
Apakah orang yang sakit biasa itu sudah cukup menjadi udzur untuk tidak menghadiri shalat berjamaah di masjid?
Mereka Menjawab :
المرض الذي يعذر به المريض عن ترك صلاة الجماعة هو المرض الذي يشق معه التوجه للمسجد، ويكون فيه مشقة وحرج على المريض، ويدل لذلك قوله صلى الله عليه وسلم: من سمع النداء فلم يجبه فلا صلاة له إلا من عذر قيل لابن عباس رضي الله عنهما: وما العذر؟ قال: (خوف أو مرض) أخرجه ابن ماجه والدارقطني وابن حبان والحاكم بإسناد صحيح
Sakit yang bisa menjadi udzur bagi seseorang (lelaki Muslim) untuk tidak menghadiri shalat berjamaah di masjid adalah sakit yang menyebabkan kesulitan baginya untuk pergi ke masjid. Maksudnya orang yang sakit tersebut akan merasakan kesulitan dan kesusahan (jika pergi ke masjid). Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
“Barangsiapa yang mendengarkan panggilan adzan, lalu ia tidak menjawabnya (dengan pergi ke masjid). Maka tidak ada shalat baginya kecuali ada udzur”
Pernah ditanyakan kepada Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma: “apakah yang dimaksud udzur?”. Beliau menjawab:
“Adanya rasa takut atau sakit” (HR. Ibnu Majah, Ad Daruquthni, Ibnu Hibban dan Al Hakim dengan sanad yang shahih).
ولأن النبي صلى الله عليه وسلم لما مرض تخلف عن الجماعة وقال: مروا أبا بكر فليصل بالناس متفق عليه. (الجزء رقم : 7، الصفحة رقم: 8) وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Dan karena sesungguhnya Nabi Shallallahu‘alaihi Wasallam ketika beliau merasa sakit, beliau tidak menghadiri shalat jama’ah. Lalu beliau bersabda: ‘perintahkan Abu Bakar untuk mengimami orang-orang shalat’” (Muttafaqun ‘alaih).
Wabillahi at taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina muhammadin, wa alihi wa shahbihi wasallam. Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta’. Sumber : https://www.al-feqh.com/ar/فتاوي-الصلاة-صلاة-الجماعة-هل-المرض-العادي-يعتبر-عذرا-عن-صلاة-الجماعة
Udzur yang lain adalah takut tertimpa penyakit. Misalkan di suatu kampung atau di suatu negeri wabah penyakit menular lagi mengganas, semisal virus corona saat ini, istilahnya daerah zona merah atau kuning. Dan dia takut dan kuatir kalau penyakit menular itu, menular pada dirinya dari jamaah yang lain. Maka seseorang boleh tidak menghadiri shalat berjamaah.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يُجِبْ ، فَلاَ صَلاَةَ لَهُ إِلاَّ مِنْ عُذْرٍ.(رواه ابن حبان و البيهقي. قال شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين).
Barangsiapa yang mendengar panggilan adzan lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya, kecuali ada udzur. (HR. Ibnu Hiban dan Baihaqi. Berkata Syekh Syueb Al Arnuth: Isnad Shahih atas syarat Bukhari muslim).
Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu ditanya tentang apa udzurnya, sehingga orang bisa tidak shalat jamaah di masjid, Beliau menjawab : Takut dan sakit.
قَالُوا وَمَا الْعُذْرُ قَالَ خَوْفٌ أَوْ مَرَضٌ «ابو داود قال الشيخ الألباني : صحيح).
Mereka bertanya, apa udzurnya? Dia menjawab takut dan sakit. (HR. Abu Daud.Berkata Syekh Al Albani: Hadits Shahih).
Berkata Imam Al-Mardawi Al-Hambali rahimahullah :
"وتعذر في ترك الجمعة والجماعة للمريض بلا نزاع، وتعذر أيضا في تركهما لخوف حدوث المرض".
"Diberikan udzur untuk meninggalkan shalat Jum'at dan shalat jamaah bagi orang yang sakit ini tidak ada perselisihan pendapat, juga di berikan udzur meninggalkan shalat Jum'at dan shalat jamaah karena takut tertimpa penyakit". (Al-inshaf, 2/300).
Berkata Syeikh Abdullah Faqih rahimahullah :
ومن تخلّف عن الصلاة في المسجد خوفا من الإصابة بالمرض، فإنه لا حرج عليه أيضا، وقد ذكر الفقهاء أنّ من الأعذار المبيحة للتّخلّف عن الجمعة والجماعة الخوف من حدوث المرض.
"Diantara manusia ada yang tidak berjamaah ke masjid karena kuatir tertular penyakit, maka ini tidak apa-apa. Para ahli fiqih telah menyebutkan diantara udzur yang membuat bolehnya tidak shalat Jum'at dan jamaah adalah hawatir tertimpa penyakit." (Fatawa Asy-Syabakah Al-islamiyyah" no. 414331).
Berkata Syekh Prof Sulaiman Al Ruhaili -hafidzohullah :
إذا وجد فيروس الكورونا في المنطقة أو منعت الدولة من التجمعات جاز تعطيل الجمعة والجماعة ويرخص للناس في الصلاة في بيوتهم فإن هذا أشد من الوحل والمطر الذي يرخص به في ترك الجمعة والجماعة، ومن كان مصابا أو يشتبه أنه مصاب يحرم عليه حضور الجمعة والجماعة حمى الله الجميع
Jika didapati keberadaan virus Corona di suatu daerah, atau pemerintah setempat melarang kerumunan masa, maka boleh tidak melaksanakan sholat Jum’at dan sholat jama’ah di masjid. Masyarakat mendapatkan pahala keringanan boleh sholat di rumah mereka. Karena wabah Corona lebih berbahaya daripada hujan lebat, sedangkan karena hujan lebat saja, untuk penderita Corona atau yang suspec Corona, maka diharamkan baginya untuk menghadiri sholat Jumat dan sholat jama’ah. Semoga Allah melindungi semuanya. (Sumber : https://mobile.twitter.com/solyman24/status/1238487303313645569).
AFM
Jika masjid nanti kembali dibuka, namun wabah penyakit menular virus corona semakin menggila di tempat tersebut (zona merah), apakah seseorang masih nekat pergi ke masjid untuk shalat berjamaah?
Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita membahas tentang salah satu udzur seseorang tidak shalat berjamaah di masjid, yakni sakit.
Dan sakit disini adalah sakit yang memberatkan dan menyulitkan dirinya untuk melangkahkan kaki ke masjid.
Abu Burdah bin Abu Musa dari bapaknya, dia berkata:
مَرِضَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ مُرُوا أَبَا بَكْرٍ فَلْيُصَلِّ بِالنَّاسِ (البخاري)
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sakit, lalu dia perintahkan Abu Bakar untuk mengimami orang-orang shalat. (HR. Bukhari).
Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta’ ditanya :
هل المرض العادي يعتبر عذرًا عن صلاة الجماعة ؟
Apakah orang yang sakit biasa itu sudah cukup menjadi udzur untuk tidak menghadiri shalat berjamaah di masjid?
Mereka Menjawab :
المرض الذي يعذر به المريض عن ترك صلاة الجماعة هو المرض الذي يشق معه التوجه للمسجد، ويكون فيه مشقة وحرج على المريض، ويدل لذلك قوله صلى الله عليه وسلم: من سمع النداء فلم يجبه فلا صلاة له إلا من عذر قيل لابن عباس رضي الله عنهما: وما العذر؟ قال: (خوف أو مرض) أخرجه ابن ماجه والدارقطني وابن حبان والحاكم بإسناد صحيح
Sakit yang bisa menjadi udzur bagi seseorang (lelaki Muslim) untuk tidak menghadiri shalat berjamaah di masjid adalah sakit yang menyebabkan kesulitan baginya untuk pergi ke masjid. Maksudnya orang yang sakit tersebut akan merasakan kesulitan dan kesusahan (jika pergi ke masjid). Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
“Barangsiapa yang mendengarkan panggilan adzan, lalu ia tidak menjawabnya (dengan pergi ke masjid). Maka tidak ada shalat baginya kecuali ada udzur”
Pernah ditanyakan kepada Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma: “apakah yang dimaksud udzur?”. Beliau menjawab:
“Adanya rasa takut atau sakit” (HR. Ibnu Majah, Ad Daruquthni, Ibnu Hibban dan Al Hakim dengan sanad yang shahih).
ولأن النبي صلى الله عليه وسلم لما مرض تخلف عن الجماعة وقال: مروا أبا بكر فليصل بالناس متفق عليه. (الجزء رقم : 7، الصفحة رقم: 8) وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Dan karena sesungguhnya Nabi Shallallahu‘alaihi Wasallam ketika beliau merasa sakit, beliau tidak menghadiri shalat jama’ah. Lalu beliau bersabda: ‘perintahkan Abu Bakar untuk mengimami orang-orang shalat’” (Muttafaqun ‘alaih).
Wabillahi at taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina muhammadin, wa alihi wa shahbihi wasallam. Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta’. Sumber : https://www.al-feqh.com/ar/فتاوي-الصلاة-صلاة-الجماعة-هل-المرض-العادي-يعتبر-عذرا-عن-صلاة-الجماعة
Udzur yang lain adalah takut tertimpa penyakit. Misalkan di suatu kampung atau di suatu negeri wabah penyakit menular lagi mengganas, semisal virus corona saat ini, istilahnya daerah zona merah atau kuning. Dan dia takut dan kuatir kalau penyakit menular itu, menular pada dirinya dari jamaah yang lain. Maka seseorang boleh tidak menghadiri shalat berjamaah.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يُجِبْ ، فَلاَ صَلاَةَ لَهُ إِلاَّ مِنْ عُذْرٍ.(رواه ابن حبان و البيهقي. قال شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين).
Barangsiapa yang mendengar panggilan adzan lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya, kecuali ada udzur. (HR. Ibnu Hiban dan Baihaqi. Berkata Syekh Syueb Al Arnuth: Isnad Shahih atas syarat Bukhari muslim).
Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu ditanya tentang apa udzurnya, sehingga orang bisa tidak shalat jamaah di masjid, Beliau menjawab : Takut dan sakit.
قَالُوا وَمَا الْعُذْرُ قَالَ خَوْفٌ أَوْ مَرَضٌ «ابو داود قال الشيخ الألباني : صحيح).
Mereka bertanya, apa udzurnya? Dia menjawab takut dan sakit. (HR. Abu Daud.Berkata Syekh Al Albani: Hadits Shahih).
Berkata Imam Al-Mardawi Al-Hambali rahimahullah :
"وتعذر في ترك الجمعة والجماعة للمريض بلا نزاع، وتعذر أيضا في تركهما لخوف حدوث المرض".
"Diberikan udzur untuk meninggalkan shalat Jum'at dan shalat jamaah bagi orang yang sakit ini tidak ada perselisihan pendapat, juga di berikan udzur meninggalkan shalat Jum'at dan shalat jamaah karena takut tertimpa penyakit". (Al-inshaf, 2/300).
Berkata Syeikh Abdullah Faqih rahimahullah :
ومن تخلّف عن الصلاة في المسجد خوفا من الإصابة بالمرض، فإنه لا حرج عليه أيضا، وقد ذكر الفقهاء أنّ من الأعذار المبيحة للتّخلّف عن الجمعة والجماعة الخوف من حدوث المرض.
"Diantara manusia ada yang tidak berjamaah ke masjid karena kuatir tertular penyakit, maka ini tidak apa-apa. Para ahli fiqih telah menyebutkan diantara udzur yang membuat bolehnya tidak shalat Jum'at dan jamaah adalah hawatir tertimpa penyakit." (Fatawa Asy-Syabakah Al-islamiyyah" no. 414331).
Berkata Syekh Prof Sulaiman Al Ruhaili -hafidzohullah :
إذا وجد فيروس الكورونا في المنطقة أو منعت الدولة من التجمعات جاز تعطيل الجمعة والجماعة ويرخص للناس في الصلاة في بيوتهم فإن هذا أشد من الوحل والمطر الذي يرخص به في ترك الجمعة والجماعة، ومن كان مصابا أو يشتبه أنه مصاب يحرم عليه حضور الجمعة والجماعة حمى الله الجميع
Jika didapati keberadaan virus Corona di suatu daerah, atau pemerintah setempat melarang kerumunan masa, maka boleh tidak melaksanakan sholat Jum’at dan sholat jama’ah di masjid. Masyarakat mendapatkan pahala keringanan boleh sholat di rumah mereka. Karena wabah Corona lebih berbahaya daripada hujan lebat, sedangkan karena hujan lebat saja, untuk penderita Corona atau yang suspec Corona, maka diharamkan baginya untuk menghadiri sholat Jumat dan sholat jama’ah. Semoga Allah melindungi semuanya. (Sumber : https://mobile.twitter.com/solyman24/status/1238487303313645569).
AFM
Komentar
Posting Komentar