Memberikan Zakat Kepada Ahlul Bid'ah

MEMBERIKAN ZAKAT KEPADA AHLUL BID'AH DAN ORANG FASIK

Ahlul bid'ah, yang kebid'ahannya jatuh pada kesyirikan, maka tidak layak mendapatkan bagian zakat. Karena orang kafir tidak berhak menerima zakat ( silahkan baca disini https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2020/04/bolehkah-zakat-kepada-orang-kafir.html).

Namun jika bid'ahnya tidak jatuh kepada kesyirikan dan dia seorang yang fakir atau miskin maka boleh menyalurkannya kepadanya dengan harapan dia bertaubat dari kebid'ahannya.

Syaikh Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah ditanya :

ما حُكم دفع الزكاة لأهل البدع إذا كانوا من أقاربي؟

Apa hukum memberikan zakat kepada ahlu bid'ah, jika mereka dari kalangan kerabat saya?

Beliau menjawab :

البدع المُكفرة لا تدفع لهم الزكاة؛ وأما البدع التي ليست مُكفرة إذا كانوا فقراء وتألفهم  فيها وتدعوهم إلى ترك البدع هذا شيء طيب. المنتقى من أخبار سيد المرسلين 27-12-1436هـ

Bid'ah mukaffirah (yang menyebabkan kekafiran) tidak boleh diberikan zakat kepada mereka. Adapun bid'ah yang bukan mukaffirah, maka jika mereka orang fakir dan untuk melunakkan hati mereka serta mengajak mereka untuk meninggalkan bid'ah, tentunya ini perkara yang baik." (Al Muntaqa Min Akhbar Sayyid al Mursalin 27-12-1436 H).

Selain ahlul bid'ah yang tidak boleh diserahkan zakat padanya, juga para pelaku maksiat, yang melakukan maksiatnya secara terang-terangan.

Berkata Syaikh 'Utsaimin rahimahullah :

ذكر شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله أنه لا ينبغي أن تعطى الزكاة من يستعين بها على المعصية فكل إنسان فاسق لا ينبغي أن يعان على فسقه".

(اللقاءات الرمضانية: ص263)

"Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menyebutkan:  Bahwa tidak semestinya zakat diberikan kepada orang yang dengannya akan membantu bermaksiat. Sehingga setiap orang yang fasiq tidak semestinya dibantu atas kefasikannya." (Al Liqa'at ar Ramadhaniyah hal.263).

Dalam Mausu’ah disebutkan :

وقد صرح المالكية بأن الزكاة لا تعطى لأهل المعاصي إن غلب على ظن المعطي أنهم يصرفونها في المعصية، فإن أعطاهم على ذلك لم تجزئه عن الزكاة، وفي غير تلك الحال تجوز، وتجزئ

Dan sungguh Malikiyah menegaskan, zakat tidak boleh diberikan kepada ahli maksiat, jika muzakki memiliki dugaan kuat, zakat itu akan mereka gunakan untuk melakukan maksiat. Jika dia berikan kepada ahli maksiat untuk mendukung kemaksiatannya, zakatnya tidak sah. Namun jika diberikan untuk selain tujuan itu, boleh dan sah. (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah, 23/328).

Dan juga diantara orang yang tidak boleh diserahkan zakat padanya adalah orang-orang yang tidak shalat.

Berkata Syaikhul-Islam rahimahullah:

ﻓﻤﻦ ﻻ ﻳﺼﻠﻲ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ اﻟﺤﺎﺟﺎﺕ ﻻ ﻳﻌﻄﻰ ﺷﻴﺌﺎ ﺣﺘﻰ ﻳﺘﻮﺏ ﻭﻳﻠﺘﺰﻡ ﺃﺩاء اﻟﺼﻼﺓ

Barangsiapa siapa yang tidak shalat dari orang-orang yang punya kebutuhan, maka tidak boleh diberi bagian (dari zakat) sampai dia bertaubat dan komitmen melaksanakan shalat. (Al-Fatawa Al-Kubra: 5/373).

Untuk itu, selektiflah mencari orang-orang yang berhak menerima zakat, disamping dia fakir atau miskin, juga carilah orang yang taat dalam agamanya. Atau orang yang diharapkan bertaubat dari kemaksiatan atau kebid'ahannya.

Berkata Syaikhul Islam rahimahullah :

فينبغي للإنسان أن يتحرى بها المستحقين من الفقراء. والمساكين والغارمين وغيرهم من أهل الدين المتبعين للشريعة فمن أظهر بدعة أو فجورا فإنه يستحق العقوبة بالهجر وغيره. والاستتابة فكيف يعان على ذلك

Selayaknya bagi seseorang untuk menempatkan zakatnya pada orang yang berhak menerima zakat, baik orang fakir, miskin, orang yang kelilit utang, atau lainnya, yang agamanya baik, mengikuti syariah. Karena orang yang terang-terangan melakukan bid’ah atau perbuatan maksiat, dia berhak mendapatkan hukuman dengan diboikot atau hukuman lainnya. Sehingga, bagaimana mungkin dia dibantu (dengan zakat). (Majmu’ Fatawa, 25/87).

AFM


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?