Mengangkat Tangan Saat Takbir Tambahan Shalat Ied
MENGANGKAT TANGAN SAAT TAKBIR TAMBAHAN SHALAT IED
Ada seseorang mengatakan bahwa mengangkat tangan di takbir tambahan dalam shalat id tidak shahih, karena tidak adanya dalil khusus tentang hal ini.
Namun para ulama, seperti Imam Syafii, Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan sebagian pendapat Imam Malik rahimahumullah mensunnahkan mengangkat tangan ketika takbir tambahan dalam shalat id.
Pendapat mereka berdasarkan qiyas dengan dalil umum tentang mengangkat tangan ketika takbir.
Berkata Wail bin Hujr radhiyallahu anhu :
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَعَ التَّكْبِيرِ
“Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat tangan saat takbir.” (HR. Ahmad. Berkata Syaikh Syu’aib Al Arnauth : Hadits shahih lighoirihi ).
Berkata Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhuma :
كان رسول الله -صلى الله عليه وسلم- إذا قام إلى الصلاة رفع يديه حتى إذا كانتا حذو منكبيه كبر ، ثم إذا أراد أن يركع رفعهما حتى يكونا حذو منكبيه ، كبر وهما كذلك ، فركع ، ثم إذا أراد أن يرفع صلبه رفعهما حتى يكونا حذو منكبيه، ثم قال سمع الله لمن حمده ، ثم يسجد ، ولا يرفع يديه في السجود ، ويرفعهما في كل ركعة وتكبيرة كبرها قبل الركوع حتى تنقضي صلاته
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika hendak shalat, beliau mengangkat kedua tangannya, sampai ketika keduanya sejajar dengan pundaknya, beliau bertakbir. Kemudian ketika hendak ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya sampai sejajar pundaknya, dan beliau pun bertakbir dalam keadaan kedua tangannya tetap pada posisi demikian. Kemudian beliau ruku’. Kemudian ketika hendak bangkit dari ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya sampai sejajar kedua pundaknya, kemudian mengatakan : sami’allahu liman hamidah. Kemudian beliau sujud, dan beliau tidak mengangkat kedua tangannya ketika sujud. Dan beliau mengangkat kedua tangannya pada setiap rakaat dan takbir yang dilakukan sebelum rukuk sampai selesai shalat beliau.” [HR. Ahmad.
Berkata Syaikh Syu’aib Al Arnauth : Sanadnya Shahih).
Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah :
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai shalat sebelum berkhutbah. Beliau melaksanakan shalat dua raka’at. Di raka’at pertama beliau melakukan takbir zawaid (tambahan) sebanyak tujuh kali di luar takbiratul ihram. Di antara takbir yang ada, beliau diam sebentar. Di antara takbir-takbir tersebut, tidak ada bacaan khusus di antara takbir-takbir tadi. Akan tetapi disebutkan dari Ibnu Mas’ud bahwa para sahabat biasa disanjung dan dipuji. Bisa pula di antara selang takbir tadi membaca shalawat.
لم يصحَّ عن النبي - صلى الله عليه وسلم - أنه كان يرفع يديه مع تكبيرات العيد (انظر لزاماً "إرواء الغليل" (3/ 112- 114))
Tidak ada yang shahih satu riwayatpun dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan mengucapkan takbir-takbir shalat Ied [Irwaul-Ghalil 3/112-114).
Kesimpulannya, mengangkat tangan ketika takbir tambahan dibolehkan berdasarkan qiyas dengan dalil umum mengangkat tangan , amalan para salaf dan pendapat jumhur ulama ahlussunnah yang masyhur. Dan tidak mengangkat pun tidak mengapa.
Berkata Asy-Syaikh Shalih Al-Luhaidan hafidzohullôh :
إن رفع فلا حرج وإن لم يرفع فلا حرج
“Jika mengangkat kedua tangan, maka ini tidak mengapa. Dan jika tidak mengangkat kedua tangan, maka inipun juga tidak mengapa.” (Durus Al-Haram Al-Makki 1424 H)
Hamba Allah yang fakir ilmu.
Ada seseorang mengatakan bahwa mengangkat tangan di takbir tambahan dalam shalat id tidak shahih, karena tidak adanya dalil khusus tentang hal ini.
Namun para ulama, seperti Imam Syafii, Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan sebagian pendapat Imam Malik rahimahumullah mensunnahkan mengangkat tangan ketika takbir tambahan dalam shalat id.
Pendapat mereka berdasarkan qiyas dengan dalil umum tentang mengangkat tangan ketika takbir.
Berkata Wail bin Hujr radhiyallahu anhu :
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَعَ التَّكْبِيرِ
“Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat tangan saat takbir.” (HR. Ahmad. Berkata Syaikh Syu’aib Al Arnauth : Hadits shahih lighoirihi ).
Berkata Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhuma :
كان رسول الله -صلى الله عليه وسلم- إذا قام إلى الصلاة رفع يديه حتى إذا كانتا حذو منكبيه كبر ، ثم إذا أراد أن يركع رفعهما حتى يكونا حذو منكبيه ، كبر وهما كذلك ، فركع ، ثم إذا أراد أن يرفع صلبه رفعهما حتى يكونا حذو منكبيه، ثم قال سمع الله لمن حمده ، ثم يسجد ، ولا يرفع يديه في السجود ، ويرفعهما في كل ركعة وتكبيرة كبرها قبل الركوع حتى تنقضي صلاته
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika hendak shalat, beliau mengangkat kedua tangannya, sampai ketika keduanya sejajar dengan pundaknya, beliau bertakbir. Kemudian ketika hendak ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya sampai sejajar pundaknya, dan beliau pun bertakbir dalam keadaan kedua tangannya tetap pada posisi demikian. Kemudian beliau ruku’. Kemudian ketika hendak bangkit dari ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya sampai sejajar kedua pundaknya, kemudian mengatakan : sami’allahu liman hamidah. Kemudian beliau sujud, dan beliau tidak mengangkat kedua tangannya ketika sujud. Dan beliau mengangkat kedua tangannya pada setiap rakaat dan takbir yang dilakukan sebelum rukuk sampai selesai shalat beliau.” [HR. Ahmad.
Berkata Syaikh Syu’aib Al Arnauth : Sanadnya Shahih).
Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah :
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai shalat sebelum berkhutbah. Beliau melaksanakan shalat dua raka’at. Di raka’at pertama beliau melakukan takbir zawaid (tambahan) sebanyak tujuh kali di luar takbiratul ihram. Di antara takbir yang ada, beliau diam sebentar. Di antara takbir-takbir tersebut, tidak ada bacaan khusus di antara takbir-takbir tadi. Akan tetapi disebutkan dari Ibnu Mas’ud bahwa para sahabat biasa disanjung dan dipuji. Bisa pula di antara selang takbir tadi membaca shalawat.
Beliau juga mengatakan :
وكان ابنُ عمر- مع تَحَرِّيهِ للاتِّباع- يرفع يديه مع كل تكبيرة ("زاد المعاد" (1/441)) .
"Ibnu Umar -dengan semangat ittiba'nya kepada Rasul- mengangkat kedua tangannya ketika mengucapkan setiap takbir" (Zaadul Ma'ad 1/427 tahqiq Syuaib al-Arnauth dan Abdul Qadir al-Arnauth cet. Muassassah ar-Risalah th. 1998].
Namun Syekh Al Albani rahimahullah, salah seorang ulama yang tidak berpendapat sunnahnya mengangkat tangan dalam takbir tambahan.
Beliau berkata :
Tidak ada yang shahih satu riwayatpun dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan mengucapkan takbir-takbir shalat Ied [Irwaul-Ghalil 3/112-114).
Kesimpulannya, mengangkat tangan ketika takbir tambahan dibolehkan berdasarkan qiyas dengan dalil umum mengangkat tangan , amalan para salaf dan pendapat jumhur ulama ahlussunnah yang masyhur. Dan tidak mengangkat pun tidak mengapa.
Berkata Asy-Syaikh Shalih Al-Luhaidan hafidzohullôh :
إن رفع فلا حرج وإن لم يرفع فلا حرج
“Jika mengangkat kedua tangan, maka ini tidak mengapa. Dan jika tidak mengangkat kedua tangan, maka inipun juga tidak mengapa.” (Durus Al-Haram Al-Makki 1424 H)
Hamba Allah yang fakir ilmu.
Komentar
Posting Komentar