Ucapan Alhamdulillah Untuk Orang Meninggal

UCAPAN ALHAMDULILLAH SI PULAN MATI


Jika ada seorang non muslim meninggal dunia, lantas ada orang muslim mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, maka hal ini tidak mengapa, apalagi yang meninggal dunia seorang muslim, lebih layak lagi mengucapkannya.


Berkata Syeikh bin Baz rahimahullah  :


فالحاصل أن الكافر إذا مات لا بأس أن تقول إنا لله وإنا إليه راجعون، ولا بأس أن يقول لك غيرك: عظم الله أجرك فيه، وأحسن عزاءك فيه، ما في بأس، قد يكون لك مصلحة في حياته، قد يكون في حياته يحسن إليك، ينفعك، فلا بأس، لكن لا يدعى له، ولا يستغفر له، ولا يتصدق عنه، إذا مات كافراً.


Kesimpulannya, orang kafir jika meninggal tidak mengapa kita ucapkan: inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, dan tidak mengapa dikatakan kepadamu, semoga Allah memberikan pahala yang besar untukmu dengan kematiannya dan memberikan hiburan pelipur lara untukmu sebagai pengganti kematiannya."


Karena bisa jadi memberikan mashalahat dalam hidupmu, bisa jadi dalam hidupnya ia berbuat baik padamu, memberikan engkau manfaat, akan tetapi tidak didoakan, tidak dimintakan ampun, tidak disedekahkan atas namanya, jika mati dalam keadaan kafir." Sumber: http://www.binbaz.org.sa/noor/9289].


Lantas bagaimana jika yang meninggal dunia ini ahlul bid'ah yang menyebarkan kebid'ahannya dan memusuhi ahlussunnah. Sebagian salaf mengatakan, ucapkan Alhamdulillah dan tampakkan kegembiraan atas kematiannya.


Berkata Ibnu Katsir rahimahullah :


فيمن توفي سنة 568 هـ – : الحسن بن صافي بن بزدن التركي ، كان من أكابر أمراء بغداد المتحكمين في الدولة ، ولكنه كان رافضيّاً خبيثاً متعصباً للروافض ، وكانوا في خفارته وجاهه ، حتى أراح الله المسلمين منه في هذه السنَة في ذي الحجة منها ، ودفن بداره ، ثم نقل إلى مقابر قريش ، فلله الحمد والمنَّة . وحين مات فرح أهل السنة بموته فرحاً شديداً ، وأظهروا الشكر لله ، فلا تجد أحداً منهم إلا يحمد الله البداية والنهاية 12 / 338


“Al-Hasan bin Shafi bin Bazdan at-Turki, salah seorang tokoh besar pemerintahan Baghdad yang berkuasa di negara. Namun dia adalah seorang rafidhah busuk, sangat fanatik kepada kaum rafidhah. Mereka (kaum rafidhah) benar-benar di bawah perlindungan dan ketenarannya. Hingga akhirnya Allah bebaskan kaum muslimin dari kejelekan orang ini (yakni Allah binasakan si Hasan bin Shafi) pada bulan Dzulhijjah tahun tersebut (568 H). Dia pun dikubur di rumahnya, kemudian dipindahkan ke pekuburan Quraisy. Hanya milik Allah sajalah segala pujian dan pemberian. Ketika dia (Hasan bim Shafi) mati, Ahlus Sunnah sangat bergembira dengan kematiannya. Menampakkan syukur kepada Allah. Sehingga tidaklah kamu dapati seorang pun dari mereka keculi mengucapkan tahmid kepada Allah.” (al-Bidayah an-Nihayah 12/338).


Berkata Salamah Bin Syubaib :


Ketika saya bersama Abdur Razzaq (seorang tabi'ut tabi'in) datanglah kabar kematian Abdul Majied (dia adalah Ibnu Abdil Aziz Bin Abi Rawwad tokoh Murji’ah). lalu beliau (Abdur Razzaq) mengatakan: Segala puji bagi Allah yang telah membebaskan ummat Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dari Abdul Majied (Siyar A’lam An-Nubalaa’ 9/435).


Ketika Syekh Ali Hasan rahimahullah meninggal dunia, ada orang yang bergembira dengan kematiannya, termasuk Luqmaniyyun yang menampakkan kegembiraannya dan sebagian sempalannya yang malu-malu kucing menampakkan kegembiraannya, karena beliau dianggap sebagai ahlul bid'ah dan menyebarkan kebid'ahannya.


Padahal dunia sudah tahu, bahwa beliau pejuang sunnah dan menyebarkan dakwah salaf ahlussunnah waljamaah, memerangi syirik dan bid'ah. Bahkan beliau banyak dipuji direkomendasikan oleh banyak ulama besar untuk diambil ilmunya. Tidak terdengar beliau mengajak ke aqidah menyimpang dan amalan bid'ah.


Adapun mungkin ada kesalahan kitabnya yang dikritisi oleh al Lajnah ad Daimah karena dianggap berpemahaman irja, wajarlah sebagai manusia, sekelas Imam Nawawi dan Ibnu Hajar saja kitabnya tidak lepas dari kesalahan. Dan itupun sudah beliau jawab dengan kitabnya. Bahwa beliau tidak berpemahaman irja. Silahkan buka link ini (https://m.facebook.com/story/graphql_permalink/?graphql_id=UzpfSTEwMDAwOTg3ODI4MjE1NTo3Nzc4MjE1NDU4OTA0NDg%3D).


Yang menjadi pertanyaan, setelah kematian Syekh Ali Hasan rahimahullah, adakah kibar ulama yang tergabung dalam Lajnah ad Daimah mengucapkan alhamdulillah atas kematian beliau, karena beliau dianggap ahlul bid'ah? Kalau ada mohon di share. Atau hanya jafar saleh, andri novis dan sekawanannya atau ulama rujukannya yang mengucapkan Alhamdulillah?


Ibnu Taimiyyah rahimahullah saja, ketika musuh dakwahnya dari kalangan ahlul bid'ah meninggal dunia, apakah beliau mengucapkan alhamdulillah? Perhatikan ucapan murid beliau Ibnu Qayyim ketika musuh gurunya meninggal.


Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata, sebagian sahabat senior Ibnu Taimiyyah berkata :


وَدِدْتُ أَنِّي لأَصْحَابِي مِثْلُهُ لأَعْدِائِهِ وَخُصُوْمِهِ


“Aku sangat berharap sikapku kepada sahabat-sahabatku sebagaimana sikap Ibnu Taimiyyah kepada musuh-musuh beliau”


Aku tidak pernah melihatnya mendoakan kejelekan kepada seorangpun dari musuh-musuhnya, bahkan beliau mendoakan mereka. Suatu hari aku mendatangi beliau memberi kabar gembira tentang meninggalnya musuh besarnya dan yang paling keras menentang dan menyakiti Ibnu Taimiyyah, maka beliaupun membentak aku dan mengingkari sikapku dan mengucapkan inaa lillahi wa inaa ilaihi rooji’uun. Lalu beliapun segera pergi menuju rumah keluarga musuhnya yang meninggal tersebut menyatkan turut berduka cita dan menghibur mereka dan berkata : “Sesungguhnya aku menggantikan posisinya bagi kalian. Karenanya jika kalian membutuhkan sesuatu dan bantuan maka aku akan membantu kalian” atau semisal perkataan ini, maka merekapun gembira dan mendoakan Ibnu Taimiyyah dan mereka menganggap ini perkara yang besar dari Ibnu Taimiyyah” (Madaarij As-Saalikiin 3/139-140).


Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah :


لَا خلاف فِي جَوَاز الترحم على الْمُؤمنِينَ " انتهى من "جلاء الأفهام" (159) .


"Tidak ada khilaf (perbedaan pendapat) bolehnya bertarahum (mengucapkan rahimahullah) atas orang mukmin" (Jalaaul-Afhaam 159). Sumber : https://islamqa.info/ar/answers/291372/الترحم-على-اهل-البدع-وكيف-يتعامل-طالب-العلم-مع-كتبهم


Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :


"فكل مسلم لم يُعلم أنه منافق جاز الاستغفار له والصلاة عليه، وإن كان فيه بدعة أو فسق... منهاج السنة" (5/ 235).


Maka setiap Setiap orang yang tidak diketahui darinya nifak (kemunafikan) dan dia seorang muslim, boleh dimintakan ampunan baginya dan dishalati atasnya, walaupun ada padanya kebid'ahan dan kefasikan. (Minhajul Sunnah 5/235). Sumber : https://islamqa.info/ar/answers/291372/الترحم-على-اهل-البدع-وكيف-يتعامل-طالب-العلم-مع-كتبهم


Dan Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :


كل من لم يعلم منه النفاق وهو مسلم يجوز الاستغفار له والصلاة عليه بل يشرع ذلك ويؤمر به كما قال تعالى وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ


"Setiap orang yang tidak diketahui darinya nifak (kemunafikan) dan dia seorang muslim, boleh dimintakan ampunan baginya dan dishalati atasnya. Bahkan hal tersebut disyari'atkan dan diperintahkan sebagaimana firman Allah ta'ala : 'Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan' (QS. Muhammad : 19)" (Majmuu' Al-Fataawaa, 24/286). Sumber : http://iswy.co/e2bro8


Berkata Syekh Muhammad Sholeh Munajjed hafidzahullah :


ويجوز الترحم على أهل البدع غير المكفرة؛ لأنهم مسلمون. وكل مسلم يجوز الدعاء له والترحم عليه.


Dan boleh tarohhum atas ahlul bid'ah ghoiro almukaffarah (yang tidak jatuh kepada kekafiran), karena sesungguhnya mereka muslim. Dan setiap muslim boleh mendoakan baginya dan bertarohhum atasnya. Al Islam Soal Wa Jawab 291372. Sumber : https://islamqa.info/ar/answers/291372/الترحم-على-اهل-البدع-وكيف-يتعامل-طالب-العلم-مع-كتبهم


Syekh Robi hafidzahullah, ulama panutan mereka, kibar ulama, ulama yang terkenal dengan kekokohan manhajnya, beliau membolehkan mendoakan ahlul bid'ah rahmat padanya. Apalagi Syekh Ali Hasan rahimahullah, bukan tokoh ahlul bid'ah dan menyebarkan kebid'ahannya.


Berkata Syaikh Al-'Allamah Robi' bin Hadi Al-Madkholi rahimahullah :


أما الترحم على أهل البدع ، فإنه يجوز الترحم عليهم ، وهذا شيء عليه السلف الصالح ومنهم أحمد بن حنبل ، ودل على ذلك نصوص من كتاب الله -تبارك وتعالى- ومن سنة رسول الله عليه الصلاة والسلام، والذي ينازع في هذا جاهل ضال ، وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم


"Diperbolehkan "tarohhum" (mendoakan rahmat atau mengucapkan rohimahullah) atas ahli bid'ah. Hal ini dilakukan oleh para Salaf antara lain Ahmad bin Hanbal sebagaimana yang ditunjukkan oleh dalil-dalil Al-Qur'an was Sunnah. Orang yang menentang hal ini 


ORANG YANG JAHIL YANG SESAT, wa shollallahu 'ala nabiyyina Muhammad wa 'ala alihi wa shohbihi wasallam." (http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=26&id=511).


Semoga Allah Ta'ala menerima amal baik Syekh Ali Hasan rahimahullah, merahmatinya dan mengampuni kesalahan-kesalahannya.


AFM


Copas dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?