Gelar Berderet
GELAR BERDERET
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Jangan silau dengan orang yang pandai bicara, berderet gelarnya dan berjubel kitabnya diperpustakaan pribadinya, kalau dia menyelisihi alquran dan assunnah, kalau dia mendahulukan akal dan hawa nafsunya daripada syariat, pastilah dia ahlul bid'ah, yang sesat dan menyesatkan yang tidak patut diikuti.
Berkata Al Imam Al Barbahari rahimahullah:
ومن خالف الكتاب و السنة فهو صاحب بدعة و ان كان كثير العلم و الكتب
Dan barangsiapa menyelisihi al kitab (al quran) dan as sunnah maka dia adalah pelaku bid'ah, walaupun ilmu dan kitab-kitabnya banyak. (Syahrus Sunnah hal 104).
Orang yang berderet gelarnya bukan jaminan orang tersebut memahami agama dengan benar. Lihat para Doktor dan Professor tidak sedikit diantara mereka yang berpikiran liberal, hizbi dan berbagai aliran sesat lainnya.
Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah ditanya :
هل يكفي لمن أراد تعليم الناس أمور دينهم , هل يكفي أن يحمل شهادة جامعية , أم لا بد له من تزكيات العلماء ؟
Apakah seseorang yang ingin mengajarkan perkara-perkara agama kepada manusia cukup baginya dengan titel universitas yang dia sandang, ataukah harus ada tazkiyah (rekomendasi) dari para ulama?
Beliau menjawab :
لا بد من العلم ..ما كل من حمل شهادة يصير عالم ،، لا بد من العلم والفقه في دين الله ..والشهادة ما تدل على العلم !! قد يحملها وهو أجهل الناس ! وقد لا يكون عنده شهادة وهو من أعلم الناس ..هل الشيخ ابن باز معه شهادة ؟؟!! هل الشيخ ابن إبراهيم ؟؟!! هل الشيخ ابن حميد ؟؟!! هل هم معهم شهادات ؟؟!! ومع هذا هم أئمة هذا الوقت
فالكلام على وجود العلم في الإنسان والفقه في الإنسان ،،، لا على شهاداته ولا على تزكياته ما يعتبر هذا !! ...
والواقع يكشف الشخص :
إذا جاءت قضية أو حدثت ملمة تبين العالم من المتعالم والجاهل . نعم
Harus memiliki ilmu, tidak semua orang yang menyandang titel menjadi ulama. Harus memiliki ilmu dan kefakihan dalam agama Allah. Semata-mata titel tidaklah menunjukkan ilmu, karena terkadang seseorang memiliki titel padahal dia termasuk manusia yang paling bodoh.
Sebaliknya terkadang seseorang tidak memiliki titel namun dia termasuk manusia yang paling berilmu. Apakah Asy-Syaikh Ibnu Baz memiliki titel?! Demikian juga Asy-Syaikh Ibnu Ibrahim dan Asy-Syaikh Ibnu Humaid?!
Apakah mereka memiliki titel?!
Walaupun demikian mereka menjadi para imam di masa ini.
Jadi yang terpenting adalah membicarakan apakah ilmu dan kefakihan itu ada pada seseorang.
Bukan tentang titel atau ijazah atau tazkiyah, ini semua tidak teranggap. Dan fakta nanti yang akan menyingkap keadaan seseorang.
Jika ada sebuah masalah atau muncul sebuah bencana, ketika itulah akan nampak siapa yang benar-benar seorang ulama dan mana orang yang sok berilmu dan jahil.” Na'am.
Sumber : https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=114719
Walaupun demikian banyak juga orang bertitel dan bergelar yang berderet yang pemahaman agamanya baik dan benar.
Kesimpulannya, nilailah seseorang, apakah dia berpedoman dengan alquran dan as sunnah dengan pemahaman salaf atau tidak? Kalau mereka memahami alquran dan as sunnah dengan pemahaman yang benar, pemahaman para salaf maka boleh kita mengambil ilmu dan bermajlis dengannya, baik bergelar maupun tidak. Kalau tidak demikian, maka kita tidak boleh mengambil ilmu dan bermajlis dengannya, walaupun gelarnya berderet, apatah lagi tidak ada gelarnya.
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Jangan silau dengan orang yang pandai bicara, berderet gelarnya dan berjubel kitabnya diperpustakaan pribadinya, kalau dia menyelisihi alquran dan assunnah, kalau dia mendahulukan akal dan hawa nafsunya daripada syariat, pastilah dia ahlul bid'ah, yang sesat dan menyesatkan yang tidak patut diikuti.
Berkata Al Imam Al Barbahari rahimahullah:
ومن خالف الكتاب و السنة فهو صاحب بدعة و ان كان كثير العلم و الكتب
Dan barangsiapa menyelisihi al kitab (al quran) dan as sunnah maka dia adalah pelaku bid'ah, walaupun ilmu dan kitab-kitabnya banyak. (Syahrus Sunnah hal 104).
Orang yang berderet gelarnya bukan jaminan orang tersebut memahami agama dengan benar. Lihat para Doktor dan Professor tidak sedikit diantara mereka yang berpikiran liberal, hizbi dan berbagai aliran sesat lainnya.
Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah ditanya :
هل يكفي لمن أراد تعليم الناس أمور دينهم , هل يكفي أن يحمل شهادة جامعية , أم لا بد له من تزكيات العلماء ؟
Apakah seseorang yang ingin mengajarkan perkara-perkara agama kepada manusia cukup baginya dengan titel universitas yang dia sandang, ataukah harus ada tazkiyah (rekomendasi) dari para ulama?
Beliau menjawab :
لا بد من العلم ..ما كل من حمل شهادة يصير عالم ،، لا بد من العلم والفقه في دين الله ..والشهادة ما تدل على العلم !! قد يحملها وهو أجهل الناس ! وقد لا يكون عنده شهادة وهو من أعلم الناس ..هل الشيخ ابن باز معه شهادة ؟؟!! هل الشيخ ابن إبراهيم ؟؟!! هل الشيخ ابن حميد ؟؟!! هل هم معهم شهادات ؟؟!! ومع هذا هم أئمة هذا الوقت
فالكلام على وجود العلم في الإنسان والفقه في الإنسان ،،، لا على شهاداته ولا على تزكياته ما يعتبر هذا !! ...
والواقع يكشف الشخص :
إذا جاءت قضية أو حدثت ملمة تبين العالم من المتعالم والجاهل . نعم
Harus memiliki ilmu, tidak semua orang yang menyandang titel menjadi ulama. Harus memiliki ilmu dan kefakihan dalam agama Allah. Semata-mata titel tidaklah menunjukkan ilmu, karena terkadang seseorang memiliki titel padahal dia termasuk manusia yang paling bodoh.
Sebaliknya terkadang seseorang tidak memiliki titel namun dia termasuk manusia yang paling berilmu. Apakah Asy-Syaikh Ibnu Baz memiliki titel?! Demikian juga Asy-Syaikh Ibnu Ibrahim dan Asy-Syaikh Ibnu Humaid?!
Apakah mereka memiliki titel?!
Walaupun demikian mereka menjadi para imam di masa ini.
Jadi yang terpenting adalah membicarakan apakah ilmu dan kefakihan itu ada pada seseorang.
Bukan tentang titel atau ijazah atau tazkiyah, ini semua tidak teranggap. Dan fakta nanti yang akan menyingkap keadaan seseorang.
Jika ada sebuah masalah atau muncul sebuah bencana, ketika itulah akan nampak siapa yang benar-benar seorang ulama dan mana orang yang sok berilmu dan jahil.” Na'am.
Sumber : https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=114719
Walaupun demikian banyak juga orang bertitel dan bergelar yang berderet yang pemahaman agamanya baik dan benar.
Kesimpulannya, nilailah seseorang, apakah dia berpedoman dengan alquran dan as sunnah dengan pemahaman salaf atau tidak? Kalau mereka memahami alquran dan as sunnah dengan pemahaman yang benar, pemahaman para salaf maka boleh kita mengambil ilmu dan bermajlis dengannya, baik bergelar maupun tidak. Kalau tidak demikian, maka kita tidak boleh mengambil ilmu dan bermajlis dengannya, walaupun gelarnya berderet, apatah lagi tidak ada gelarnya.
Komentar
Posting Komentar