Takut Amalan Tidak Diterima
TAKUT AMALAN TIDAK DITERIMA
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Kadang manusia itu memandang dirinya sudah banyak beramal shaleh. Dia melihat dirinya sudah maksimal beramal ibadah. Dia bangga dengan banyaknya amal-amalnya. Padahal amal-amalnya itu tidak sebanding dengan hak Allah dan tidak seberapa dibandingkan dengan segala nikmat yang Allah Ta'ala berikan.
Selain itu pula belum tentu juga amalannya diterima. Belum pasti juga amalannya mendapatkan pahala ganjaran.
Berkata Syeikh 'Utsaimin rahimahullah:
أن اﻹنسان لا يعجب بعمله، مهما عملت من اﻷعمال الصالحة لا تعجب بعملك، فعملك قليل بالنسبة لحق الله عليك." شرح رياض الصالحين 1/575
"Sesungguhnya manusia tidak boleh bangga dengan amalnya.
Seberapapun yang sudah kamu amalkan dari amal-amal kebaikan, jangan pernah kamu bangga dengan amalanmu. Amalanmu amatlah sedikit dibandingkan hak Allah atas dirimu". (Syarh Riyadh Ash Shalihin 1/575).
Berkata Ibnu Aun -rahimahullah-:
لا تثق بكثرة العمل ؛ فإنك لا تدري أيقبل منك أم لا، ولا تأمن ذنوبك ؛ فإنك لا تدري أكفرت عنك أم لا ، إن عملك مغيب عنك كله.
"Janganlah engkau mengandalkan banyaknya amalan, karena engkau tidak tau apakah diterima darimu ataukah tidak, dan janganlah engkau merasa aman dari dosa-dosamu, karena engkau tidak tau apakah telah terhapuskan darimu ataukah tidak, sesungguhnya seluruh amalanmu adalah perkara yang tersembunyi darimu". (Jami'ul Ulum wal Hikam (187)).
Berbeda keadaannya dengan para salaf. Mereka justru kuatir kalau amalannya tidak diterima dan amalannya tidak mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Ta'ala, padahal amalan mereka tidak bisa diungguli oleh orang di zaman kapan pun. Mayoritas mereka beramal sesuai dengan tuntutan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan di dasari keikhlasan. Dan mereka sangat maksimal menghidupkan siang dan malam dengan berbagai macam ibadah. Namun walaupun demikian mereka takut kalau amalannya tidak diterima.
Berkata Imam Ibnu Rajab rahimahullah :
كان السلف الصالح يجتهدون في إتمام العمل و إكماله و إتقانه ثم يهتمون بعد ذلك بقبوله و يخافون من رده و هؤلاء الذين : { وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آَتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ
Generasi Salafush Sholeh berusaha bersungguh-sungguh dalam beramal dan menyempurnakannya. Setelah itu mereka akan menjadi sangat kuatir tentang penerimaan (Allah) atas amalan yang dilakukannya. Mereka sangat takut jika amal-amal mereka ditolak. Mereka inilah yang disebut dalam ayat yang maknanya: Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang penuh khuatir, sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka [Al Mu’minun : 60]. (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 181).
Berkata Ali Bin Abi Thalib berkata :
كونوا لقبول العمل أشد اهتماما منكم بالعمل ألم تسمعوا الله عز و جل يقول : { إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ}
Mereka (generasi salaf) lebih mengambil berat tentang penerimaan amal berbanding dengan amal itu sendiri. Adakah kalian tidak pernah mendengar Allah Azza Wa Jalla berfirman : Sesungguhnya Dia (Allah) hanya menerima (amalan-amalan) daripada mereka yang bertaqwa [QS. al-Maidah : 27]. (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 181).
Mereka para salaf, jika mereka mengetahui ada amalannya yang diterima walaupun hanya seberat biji sawi mereka sungguh bergembira.
Berkata Fudhalah bin ‘Ubaid rahimahullah :
لأن أكون أعلم أن الله قد تقبل مني مثقال حبة من خردل أحب إلي من الدنيا و ما فيها لأن الله يقول : { إنما يتقبل الله من المتقين }
Seandainya aku mengetahui Allah menerima amalanku walau seberat biji benih, itu lebih aku sukai daripada dunia dan isinya. Ini kerana Allah Ta'ala berfirman: Sesungguhnya Allah hanya menerima (amalan-amalan) mereka yang bertaqwa. (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 181).
Bahkan mereka akan memberikan selamat kepada seseorang seandainya tahu bahwa amalan orang tersebut diterima.
Berkata Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu bahu :
يا ليت شعري من هذا المقبول فنهنيه، ومن هذا المحروم فنعزيه. وعن ابن مسعود أنه كان يقول: من هذا المقبول منا فنهنيه، ومن هذا المحروم منا فنعزيه
“Aduhai, andai aku tahu siapakah gerangan yang diterima amalannya agar aku dapat memberi ucapan selamat kepadanya, dan siapakah gerangan yang ditolak amalannya agar aku dapat melayatnya’.” (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 187).
Berkata Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu :
من هذا المقبول منا فنهنيه، ومن هذا المحروم منا فنعزيه، أيها المقبول هنيئا لك أيها المردود جبر الله مصيبتك
“Siapakah gerangan di antara kita yang diterima amalannya untuk kita beri ucapan selamat, dan siapakah gerangan di antara kita yang ditolak amalannya untuk kita ‘layati’. Wahai orang yang diterima amalannya, berbahagialah engkau. Dan wahai orang yang ditolak amalannya, semoga Allah menambal musibahmu ” (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 187).
Seorang salaf melihat dirinya belum berbuat baik. Padahal dia sudah beramal secara maksimal, baik kualitasnya dengan beramal ikhlas dan ittiba maupun secara kuantitas dengan memperbanyak amal ibadah. Dia menilai dirinya, dari seratus ciri kebaikan, tidak ada satupun ada padanya, padahal beliau seorang yang alim dan shaleh.
Berkata Yunus bin ubaid rahimahullah :
إني لأجد مائة خصلة من خصال الخير ، ما أعلم أن في نفسي منها واحدة .
Sesungguhnya aku, aku mendapati seratus ciri dari ciri-ciri kebaikan, aku tidak tahu, apakah ada pada diriku satu kebaikan dari ciri-ciri tersebut. Sumber : https://mobile.twitter.com/malturki/status/323301665035919360
Bagaiman dengan amalan kita dibandingkan dengan para salaf? Seharusnya kita lebih kuatir kalau amalan tidak diterima, bukannya ujub dan bangga diri dengan amalan yang ada.
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Kadang manusia itu memandang dirinya sudah banyak beramal shaleh. Dia melihat dirinya sudah maksimal beramal ibadah. Dia bangga dengan banyaknya amal-amalnya. Padahal amal-amalnya itu tidak sebanding dengan hak Allah dan tidak seberapa dibandingkan dengan segala nikmat yang Allah Ta'ala berikan.
Selain itu pula belum tentu juga amalannya diterima. Belum pasti juga amalannya mendapatkan pahala ganjaran.
Berkata Syeikh 'Utsaimin rahimahullah:
أن اﻹنسان لا يعجب بعمله، مهما عملت من اﻷعمال الصالحة لا تعجب بعملك، فعملك قليل بالنسبة لحق الله عليك." شرح رياض الصالحين 1/575
"Sesungguhnya manusia tidak boleh bangga dengan amalnya.
Seberapapun yang sudah kamu amalkan dari amal-amal kebaikan, jangan pernah kamu bangga dengan amalanmu. Amalanmu amatlah sedikit dibandingkan hak Allah atas dirimu". (Syarh Riyadh Ash Shalihin 1/575).
Berkata Ibnu Aun -rahimahullah-:
لا تثق بكثرة العمل ؛ فإنك لا تدري أيقبل منك أم لا، ولا تأمن ذنوبك ؛ فإنك لا تدري أكفرت عنك أم لا ، إن عملك مغيب عنك كله.
"Janganlah engkau mengandalkan banyaknya amalan, karena engkau tidak tau apakah diterima darimu ataukah tidak, dan janganlah engkau merasa aman dari dosa-dosamu, karena engkau tidak tau apakah telah terhapuskan darimu ataukah tidak, sesungguhnya seluruh amalanmu adalah perkara yang tersembunyi darimu". (Jami'ul Ulum wal Hikam (187)).
Berbeda keadaannya dengan para salaf. Mereka justru kuatir kalau amalannya tidak diterima dan amalannya tidak mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Ta'ala, padahal amalan mereka tidak bisa diungguli oleh orang di zaman kapan pun. Mayoritas mereka beramal sesuai dengan tuntutan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan di dasari keikhlasan. Dan mereka sangat maksimal menghidupkan siang dan malam dengan berbagai macam ibadah. Namun walaupun demikian mereka takut kalau amalannya tidak diterima.
Berkata Imam Ibnu Rajab rahimahullah :
كان السلف الصالح يجتهدون في إتمام العمل و إكماله و إتقانه ثم يهتمون بعد ذلك بقبوله و يخافون من رده و هؤلاء الذين : { وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آَتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ
Generasi Salafush Sholeh berusaha bersungguh-sungguh dalam beramal dan menyempurnakannya. Setelah itu mereka akan menjadi sangat kuatir tentang penerimaan (Allah) atas amalan yang dilakukannya. Mereka sangat takut jika amal-amal mereka ditolak. Mereka inilah yang disebut dalam ayat yang maknanya: Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang penuh khuatir, sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka [Al Mu’minun : 60]. (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 181).
Berkata Ali Bin Abi Thalib berkata :
كونوا لقبول العمل أشد اهتماما منكم بالعمل ألم تسمعوا الله عز و جل يقول : { إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ}
Mereka (generasi salaf) lebih mengambil berat tentang penerimaan amal berbanding dengan amal itu sendiri. Adakah kalian tidak pernah mendengar Allah Azza Wa Jalla berfirman : Sesungguhnya Dia (Allah) hanya menerima (amalan-amalan) daripada mereka yang bertaqwa [QS. al-Maidah : 27]. (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 181).
Mereka para salaf, jika mereka mengetahui ada amalannya yang diterima walaupun hanya seberat biji sawi mereka sungguh bergembira.
Berkata Fudhalah bin ‘Ubaid rahimahullah :
لأن أكون أعلم أن الله قد تقبل مني مثقال حبة من خردل أحب إلي من الدنيا و ما فيها لأن الله يقول : { إنما يتقبل الله من المتقين }
Seandainya aku mengetahui Allah menerima amalanku walau seberat biji benih, itu lebih aku sukai daripada dunia dan isinya. Ini kerana Allah Ta'ala berfirman: Sesungguhnya Allah hanya menerima (amalan-amalan) mereka yang bertaqwa. (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 181).
Bahkan mereka akan memberikan selamat kepada seseorang seandainya tahu bahwa amalan orang tersebut diterima.
Berkata Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu bahu :
يا ليت شعري من هذا المقبول فنهنيه، ومن هذا المحروم فنعزيه. وعن ابن مسعود أنه كان يقول: من هذا المقبول منا فنهنيه، ومن هذا المحروم منا فنعزيه
“Aduhai, andai aku tahu siapakah gerangan yang diterima amalannya agar aku dapat memberi ucapan selamat kepadanya, dan siapakah gerangan yang ditolak amalannya agar aku dapat melayatnya’.” (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 187).
Berkata Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu :
من هذا المقبول منا فنهنيه، ومن هذا المحروم منا فنعزيه، أيها المقبول هنيئا لك أيها المردود جبر الله مصيبتك
“Siapakah gerangan di antara kita yang diterima amalannya untuk kita beri ucapan selamat, dan siapakah gerangan di antara kita yang ditolak amalannya untuk kita ‘layati’. Wahai orang yang diterima amalannya, berbahagialah engkau. Dan wahai orang yang ditolak amalannya, semoga Allah menambal musibahmu ” (Lathaif al-Ma’arif, Ibn Rajab al-Hanbali : 187).
Seorang salaf melihat dirinya belum berbuat baik. Padahal dia sudah beramal secara maksimal, baik kualitasnya dengan beramal ikhlas dan ittiba maupun secara kuantitas dengan memperbanyak amal ibadah. Dia menilai dirinya, dari seratus ciri kebaikan, tidak ada satupun ada padanya, padahal beliau seorang yang alim dan shaleh.
Berkata Yunus bin ubaid rahimahullah :
إني لأجد مائة خصلة من خصال الخير ، ما أعلم أن في نفسي منها واحدة .
Sesungguhnya aku, aku mendapati seratus ciri dari ciri-ciri kebaikan, aku tidak tahu, apakah ada pada diriku satu kebaikan dari ciri-ciri tersebut. Sumber : https://mobile.twitter.com/malturki/status/323301665035919360
Bagaiman dengan amalan kita dibandingkan dengan para salaf? Seharusnya kita lebih kuatir kalau amalan tidak diterima, bukannya ujub dan bangga diri dengan amalan yang ada.
Komentar
Posting Komentar