BID'AH MEMBACA AL-QURAN PAKAI HP KETIKA SHALAT?

BID'AH MEMBACA AL-QURAN PAKAI HP KETIKA SHALAT? 


Mushaf alquran dan membaca alquran dua hal yang berbeda. Handphone (HP) dan membaca alquran lewt HP ini pun berbeda. 


Membaca alquran dengan mushaf, lebih utama daripada membaca alquran lewat hp. Membaca alquran melalui mushaf harus suci dari hadats, sedangkan membaca alquran lewat hp, tidak mesti berwudhu terlebih dahulu. 


Ketika shalat tarawih, boleh membaca alquran selain Al-Fatihah menggunakan mushaf, begitu pula membaca alquran di mushaf  yang ada di hp. Begitulah yang difatwakan para ulama. 


Dalam kitab Badai-ush Shana-i’ disebutkan, 


أن مولى لعائشة يقال له: ذكوان كان يؤم الناس في رمضان وكان يقرأ من المصحف


Sesungguhnya budak Sayidah Aisyah, yang namanya Dzakwan, beliau mengimami masyarakat ketika Ramadhan dan beliau sambil membaca mushaf.  (Badai-ush Shana-i’). 


Berkata Imam Nawawi rahimahullah, 


لَوْ قَرَأَ الْقُرْآنَ مِنْ الْمُصْحَفِ لَمْ تَبْطُلْ صَلَاتُهُ سَوَاءٌ كَانَ يَحْفَظُهُ أَمْ لَا بَلْ يَجِبُ عَلَيْهِ ذَلِكَ إذَا لَمْ يَحْفَظْ الْفَاتِحَةَ كَمَا سَبَقَ وَلَوْ قَلَّبَ أَوْرَاقَهُ أَحْيَانًا فِي صَلَاتِهِ لَمْ تَبْطُلْ


Apabila orang yang sedang shalat membaca Al-Quran dari mushaf, maka shalatnya tidak batal, baik dia hafal Al-Quran atau tidak. Bahkan dia wajib melakukan hal itu jika dia tidak hafal surah Al-Fatihah sebagamaina keterangan yang telah dijelaskan. Apabila ia sampai membolak balik lembaran mushaf, maka salatnya tetap tidak batal. (Majmu Syarh Al-Muhadzab). 


Dan Berkata Imam Nawawi rahimahullah, 


واحتج أصحابنا بأنه أتى بالقراءة واما الفكر والنظر فلا تبطل الصلاة بالاتفاق إذا كان في غير المصحف ففيه أولى


Ulama kami (ulama Syafiiyah) berhujjah bahwa melihat mushaf adalah termasuk membaca Al-Quran. Adapun berfikir dan melihat, maka hal itu tidak membatalkan shalat menurut kesepakatan ulama. Namun jika membaca Al-Quran tanpa melihat mushaf, maka hal itu lebih utama. (Al-Majmu Syarh Al-Muhadzab). 


Berkata Ibnul-Qaasim rahimahullah :


وقال مالك لا بأس ان يؤم الامام بالناس في المصحف في رمضان في النافلة (قال ابن القاسم) وكره ذلك في الفريضة


“Dan Maalik berkata : ‘Tidak mengapa seorang mengimami manusia dengan membaca mushhaf di bulan Ramdlan pada shalat sunnah”. Ibnul-Qaasim berkata : “Dan ia membenci hal tersebut pada shalat fardlu” [Al-Mudawwanah, 1/283].


Syeikh Bin Baaz rahimahullah ditanya, 


هل تجوز القراءة من المصحف في صلاة التراويح وصلاة الكسوف أو لا ؟ .


Apakah dibolehkan atau tidak, membaca Al-Qur’an dari Mushaf dalam shalat taraweh dan shalat kusuf?


Beliau menjawab, 


الحمد لله

لا حرج في القراءة من المصحف في قيام رمضان ، لما في ذلك من إسماع المأمومين جميع القرآن ، ولأن الأدلة الشرعية من الكتاب والسنة قد دلت على شرعية قراءة القرآن في الصلاة ، وهي تعم قراءته من المصحف وعن ظهر قلب ، وقد ثبت عن عائشة رضي الله عنها أنها أمرت مولاها ذكوان أن يؤمها في قيام رمضان ، وكان يقرأ من المصحف ، ذكره البخاري رحمه الله في صحيحه معلقاً مجزوماً به .

فتاوى إسلامية م2 – الشيخ ابن باز رحمه الله


Alhamdulillah.


Tidak mengapa membaca (Al-Qur’an) dari mushaf dalam qiyam Ramadhan (Taraweh). Karena dengan demikian, dia dapat memperdengarkan seluruh Al-Qur’an kepada para makmum. Dan karena dalil-dalil agama dari Kitab dan Sunnah telah menunjukkan dibolehkannya bacaan Al-Qur’an dalam shalat. Hal itu berlalu umum baik dari mushaf maupun hafalan dalam hati.


Terdapat riwayat kuat dari Aisyah radhiallahu anha bahwa beliau memerintahkan budaknya (bernama) Dzakwan untuk menjadi imam dalam qiyam Ramadhan. Lalu dia membaca (Al-Qur’an) dari mushaf. Riiwayat tersebut disebutkan oleh Bukhari dalam shahihnya secara mu’allaq (tidak disebutkan rangkaian sanadnya), namun dipastikan bahwa hal tersebut bersumber dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (jazman). (Fatawa Islamiyah). 


Ahlul bid'ah menuduh ustadz Firanda melakukan bid'ah dalam agama, ketika beliau memperagakan bolehnya membaca mushaf alquran yang ada di hp ketika shalat tarawih atau shalat gerhana. 


Padahal yang dilakukan ustadz Firanda, berdasarkan dalil dan fatwa para ulama. Membaca alquran pakai mushaf selain Al-Fatihah ketika shalat tarawih atau shalat gerhana itu diperbolehkan. Baik mushaf alquran yang ada wujudnya maupun mushaf alquran yang ada di hp. 


AFM


Copas dari berbagai sumber


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?