ZAKAT FITRAH PAKAI BERAS BID'AH?

 ZAKAT FITRAH PAKAI BERAS BID'AH? 


Ketika disampaikan tentang perkara bahayanya bid'ah, orang-orang kurang piknik mengatakan, "Kalau begitu zakat pakai beras itu bid'ah, tidak ada di zaman Nabi!" 


Kenapa dikatakan kurang piknik? Pertama dia tidak paham apa itu bid'ah dalam perkara agama. Kedua dia tidak tahu bahwa ada dalil zakat dengan makanan pokok. Ketiga, tidak membaca penjelasan ulama salaf tentang dalil tersebut. 


Perhatikan dalil-dalil berikut dan penjelasan ulama tentang zakat fitrah itu mesti pakai bahan pokok makanan negeri masing-masing. 


Berkata Abu Sa’id al-Khudri radhiallahu’anhu, 


كُنَّا نُخْرِجُ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ ، وَكَانَ طَعَامَنَا الشَّعِيرُ ، وَالزَّبِيبُ ، وَالْأَقِطُ ، وَالتَّمْرُ  (رواه البخاري 1510 ومسلم 985).


“Di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallama, kami mengeluarkan zakat fitrah pada hari raya Idul fitri berupa satu sha’ MAKANAN. Ketika itu makanan pokok kami adalah gandum, anggur kering, keju dan kurma.” (Bukhari, no: 1510. Muslim, no: 985). 


Di dalam riwayat yang lain, Abu Sa’id Al-Khudriy –radhiyallahu anhu- berkata,


«كُنَّا نُخْرِجُ زَكَاةَ الفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ أَقِطٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ زَبِيبٍ»


“Dulu kami mengeluarkan zakat fitri sebanyak satu sho’ MAKANAN , atau satu sho’ gandum, atau satu sho’ kurma kering, atau satu sho’ keju, atau sho’ kismis.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim). 


Berkata Imam Nawawi rahimahullah, 


" الأصح عندنا وجوب الفطرة من غالب قوت البلد , وبه قال مالك . وقال أبو حنيفة : هو مخير.. انتهى من "المجموع"(6/112) .


Pendapat yang paling benar menurut kami adalah, zakat fitrah harus berupa BAHAN MAKANAN POKOK DI NEGERI TERSEBUT. Pendapat ini juga dipilih oleh Malik. Abu Hanifah berkata, ‘Muzakki diberi pilihan, dia boleh memilih makanan apa saja yang akan menjadi zakatnya... (Al-Majmu’, 6/112).


Berkata Al Baji rahimahullah, 


وقال الباجي في "شرح الموطأ" : " ومماذا يكون الصاع ؟ قال ابن القاسم عن مالك من غالب قوت البلد ، وبه قال أبو علي بن أبي هريرة من أصحاب الشافعي.." انتهى.


“Yang ditakar satu sha’ untuk zakat fitrah itu berupa apa? Ibnu al-Qasim meriwayatkan jawaban dari Malik bahwa yang ditakar adalah MAKANAN POKOK NEGERI ITU. Ini adalah pendapat Abu Ali ibn Abu Hurairah, seorang sahabat Imam Syafi’i. (Syarh al-Muwaththa). 


Di dalam al-Mawsu’ah al-Fiqhiyah (23/343) disebutkan: 


".... وذهب المالكية , إلى أنه يخرج من غالب قوت البلد كالعدس والأرز , والفول والقمح والشعير والسلت والتمر والأقط والدخن . وما عدا ذلك لا يجزئ , إلا إذا اقتاته الناس وتركوا الأنواع السابقة..." انتهى. 


.. Para ulama mazhab Maliki berpendapat bahwa zakat fitrah harus berupa BAHAN MAKANAN POKOK DI NEGERI TERSEBUT, seperti kacang miju-miju (adas), BERAS, kacang, gandum, jelai (barli), gandum hitam, kurma, keju (susu kering) dan gandum mutiara. Selain bahan-bahan tersebut maka zakatnya tidak berpahala, kecuali bila ia dijadikan makanan pokok oleh manusia dan mereka meninggalkan kelima bahan pokok itu 


Berkata Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah –rahimahullah, 


وهذه كانت غالب أقواتهم بالمدينة فأما أهل بلد أو محلة قوتهم غير ذلك فإنما عليهم صاع من قوتهم كمن قوتهم الذرة أو الأرز أو التين أو غير ذلك من الحبوب ، فإن كان قوتهم من غير الحبوب ، كاللبن واللحم والسمك أخرجوا فطرتهم من قوتهم كائنا ما كان ، هذا قول جمهور العلماء ، وهو الصواب الذي لا يقال بغيره ، إذ المقصود سد حاجة المساكين يوم العيد ومواساتهم من جنس ما يقتاته أهل بلدهم ، وعلى هذا فيجزئ إخراج الدقيق وإن لم يصح فيه الحديث ". اهـ


“Ini adalah makanan-makanan pokok yang dominan pada mereka di Kota Madinah. Adapun penduduk negeri atau kampung yang makanan pokoknya selain itu, maka hanyalah (wajib) atas mereka satu sho’ dari MAKANAN POKOK MEREKA, seperti orang-orang yang makanan pokoknya adalah jagung, atau BERAS, atau buah tin, atau yang lainnya berupa bebijian. Jika makanan pokok mereka adalah dari selain biji-bijian, seperti susu, daging, dan ikan, maka mereka mengeluarkan zakat fitri mereka dari makanan pokok mereka itu, apapun bentuknya! Ini adalah pendapat jumhur (mayoritas) ulama. Inilah pendapat yang benar yang tidak boleh dinyatakan selainnya. Sebab maksud (dari zakat fitri itu) adalah menutupi kebutuhan kaum miskin (berupa makanan) pada raya, serta membantu mereka dengan jenis makanan pokok yang dikonsumsi oleh penduduk negeri mereka. Karena ini, sah mengeluarkan tepung (sebagai zakat fitri jika menjadi makanan pokok), walaupun tidak shohih suatu hadits tentangnya.” [Lihat I’lam Al-Muwaqqi’in (3/18), karya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah, cet. Dar Al-Kutub Al’Ilmiyyah, 1411 H 


Untuk itu kalau ada orang yang mengatakan zakat fitrah pakai beras itu bid'ah, maklumi saja dan jelaskan, kemungkinan ilmu belum sampai padanya dikarenakan kurang pikniknya dalam belajar.


AFM 


Copas dari berbagai sumber


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?