Mencuri Harta Orang Tua Atau Suami
MENCURI HARTA ORANG TUA ATAU SUAMI
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Mencuri harta milik orang lain haram hukumnya. Begitu pula mencuri harta orang tua atau mencuri harta suami.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لاَ يَحِلُّ مَالُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ إِلاَّ بِطِيْبِ نَفْسٍ مِنْهُ
“Tidak halal mengambil harta seorang muslim kecuali dengan kerelaan dirinya.” (HR. Abu Dawud dan Daruquthni. Berkata Syaikh al-Albani : Hadist Shahih).
Dalam syariat islam, hukuman bagi seorang pencuri sangatlah keras, yakni hukum potong tangan.
Allah Ta'ala berfirman :
وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allâh. Dan Allâh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Mâidah : 38).
Bahkan keimanan yang sempurna akan terlepas dari dirinya ketika dia mencuri.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لاَ يَزْنِي الزَّانِي حِينَ يَزْنِي وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَلاَ يَسْرِقُ حِينَ يَسْرِقُ وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَلاَ يَشْرَبُ حِينَ يَشْرَبُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَالتَّوْبَةُ مَعْرُوضَةٌ بَعْدُ»
“Tidaklah beriman seorang pezina ketika ia sedang berzina. Tidaklah beriman seorang pencuri ketika ia sedang mencuri. Tidaklah beriman seorang peminum khamar ketika ia sedang meminum khamar. Namun taubat terbuka setelah itu”. [HR. Bukhari dan Muslim].
Dibolehkan mencuri bagi seorang anak atau seorang isteri untuk mengambil harta bapaknya atau suaminya tanpa sepengetahuan jika mereka kikir dan tidak memenuhi kewajibannya untuk menafkahi. Padahal sebenarnya mereka mampu menafkahi. Karena seorang ayah atau suami berkewajiban menafkahi anak isterinya.
Allah Ta'ala berfirman :
وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوف ...
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut.....(QS. Al-Baqarah : 233).
عن عائشةْ ، قَالَتْ : دَخَلَتْ هِنْدٌ بِنْتُ عُتْبَةَ امْرَأَةُ أَبِي سُفْيَانَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَتْ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إِنَّ أَبَا سُفْيَانَ رَجُلٌ شَحِيحٌ ، لَا يُعْطِينِي مِنَ النَّفَقَةِ مَا يَكْفِينِي وَيَكْفِي بَنِيَّ إِلَّا مَا أَخَذْتُ مِنْ مَالِهِ بِغَيْرِ عِلْمِهِ ، فَهَلْ عَلَيَّ فِي ذَلِكَ مِنْ جُنَاحٍ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : خُذِي مِنْ مَالِهِ بِالْمَعْرُوفِ مَا يَكْفِيكِ وَيَكْفِي بَنِيكِ
Dari Aisyah radhiyallahu anha, dia berkata, Hindun bintu Uthbah radhiyallahu ‘anha, istri Abu Sufyan melaporkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan orang yang pelit, tidak memberikan nafkah yang cukup untukku dan untuk anakku. Kecuali jika aku mengambil hartanya, tanpa sepengetahuannya. Apakah saya berdosa melakukan hal itu?”
Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Ambillah hartanya secara wajar, yang mencukupi kebutuhanmu dan mencukupi kebutuhan anakmu.” (Muttafaq ’alaihi).
Syeikh Bin Baaz rahimahullah ditanya :
إذا احتاج الابن إلى شيء من المال، وطلب أباه فلم يجبه إلى طلبه، فاضطرّ الابن إلى السرقة من مال أبيه، دون أن يعلم الأب، هل على الابن إثم ؟
Apabila seorang anak membutuhkan harta untuk sesuatu dan meminta kepada bapaknya, namun bapaknya tidak memberinya, lalu anak itu terpaksa mengambil dari harta bapaknya, tanpa bapaknya mengetahui, apakah anak itu berdosa?
Beliau menjawab :
هذا فيه تفصيل، إذا كان الأب قصّر في النفقة، والولد ضعيف لا يستطيع العمل، عاجز، فإنّه يأخذ من مال أبيه، ويسدّ حاجته، ولو بغير علمه، وهكذا الزوجة تأخذ من مال زوجها بغير علمه ما يسدّ حاجتها وحاجة أطفالها؛ لما ثبت في الصحيحين عن عائشة رضي الله عنها، أن هند بنت عتبة رضي الله عنها زوجة أبي سفيان قالت: يا رسول الله إن أبا سفيان رجل شحيح [يعني بخيل] لا يعطيني ما يكفيني ويكفي بنيّ، إلاّ ما أخذته من ماله بغير علمه، فهل علي في ذلك من جناح؟ فقال النبي صلى الله عليه وسلم: خذي من ماله بالمعروف ما يكفيك ويكفي بنيكِ ( الجزء رقم : 23، الصفحة رقم: 306)
Ini perlu rincian : “Apabila bapak pelit dalam memberikan nafkah, sementara anak masih lemah tidak bisa bekerja sendiri, maka dia boleh mengambil harta orang bapaknya untuk menutupi kebutuhannya. Meskipun tanpa diketahui orang tua.” Dan demikian juga isteri mengambil harta suaminya tanpa sepengetahuannya untuk memenuhi kebutuhannya dan anak-anaknya. Sebagaimana telah ditetapkan dalam hadits Bukhari dan Muslim dari Aisyah radhiyallahu anha bahwasanya Hindun bintu Uthbah radhiyallahu ‘anha, istri Abu Sufyan yang melaporkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan orang yang pelit, tidak memberikan nafkah yang cukup untukku dan untuk anakku. Kecuali jika aku mengambil hartanya, tanpa sepengetahuannya. Apakah saya berdosa melakukan hal itu?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
”Ambillah hartanya secara wajar, yang mencukupi kebutuhanmu dan mencukupi kebutuhan anakmu.” (Muttafaq ’alaihi). ( Fatawa Nur ’ala ad-Darbi, jilid 23, hlm. 306). Sumber : http://www.alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?languagename=ar&BookID=5&View=Page&PageNo=3&PageID=6758
Kesimpulannya, jika orang tua atau suami itu mampu, namun kikir tidak memenuhi kebutuhan anak atau isterinya, maka si anak atau si isteri boleh mengambil hartanya tanpa sepengetahuannya dengan syarat sesuai kebutuhannya jangan berlebih-lebihan.
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Mencuri harta milik orang lain haram hukumnya. Begitu pula mencuri harta orang tua atau mencuri harta suami.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لاَ يَحِلُّ مَالُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ إِلاَّ بِطِيْبِ نَفْسٍ مِنْهُ
“Tidak halal mengambil harta seorang muslim kecuali dengan kerelaan dirinya.” (HR. Abu Dawud dan Daruquthni. Berkata Syaikh al-Albani : Hadist Shahih).
Dalam syariat islam, hukuman bagi seorang pencuri sangatlah keras, yakni hukum potong tangan.
Allah Ta'ala berfirman :
وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allâh. Dan Allâh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Mâidah : 38).
Bahkan keimanan yang sempurna akan terlepas dari dirinya ketika dia mencuri.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لاَ يَزْنِي الزَّانِي حِينَ يَزْنِي وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَلاَ يَسْرِقُ حِينَ يَسْرِقُ وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَلاَ يَشْرَبُ حِينَ يَشْرَبُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَالتَّوْبَةُ مَعْرُوضَةٌ بَعْدُ»
“Tidaklah beriman seorang pezina ketika ia sedang berzina. Tidaklah beriman seorang pencuri ketika ia sedang mencuri. Tidaklah beriman seorang peminum khamar ketika ia sedang meminum khamar. Namun taubat terbuka setelah itu”. [HR. Bukhari dan Muslim].
Dibolehkan mencuri bagi seorang anak atau seorang isteri untuk mengambil harta bapaknya atau suaminya tanpa sepengetahuan jika mereka kikir dan tidak memenuhi kewajibannya untuk menafkahi. Padahal sebenarnya mereka mampu menafkahi. Karena seorang ayah atau suami berkewajiban menafkahi anak isterinya.
Allah Ta'ala berfirman :
وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوف ...
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut.....(QS. Al-Baqarah : 233).
عن عائشةْ ، قَالَتْ : دَخَلَتْ هِنْدٌ بِنْتُ عُتْبَةَ امْرَأَةُ أَبِي سُفْيَانَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَتْ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إِنَّ أَبَا سُفْيَانَ رَجُلٌ شَحِيحٌ ، لَا يُعْطِينِي مِنَ النَّفَقَةِ مَا يَكْفِينِي وَيَكْفِي بَنِيَّ إِلَّا مَا أَخَذْتُ مِنْ مَالِهِ بِغَيْرِ عِلْمِهِ ، فَهَلْ عَلَيَّ فِي ذَلِكَ مِنْ جُنَاحٍ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : خُذِي مِنْ مَالِهِ بِالْمَعْرُوفِ مَا يَكْفِيكِ وَيَكْفِي بَنِيكِ
Dari Aisyah radhiyallahu anha, dia berkata, Hindun bintu Uthbah radhiyallahu ‘anha, istri Abu Sufyan melaporkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan orang yang pelit, tidak memberikan nafkah yang cukup untukku dan untuk anakku. Kecuali jika aku mengambil hartanya, tanpa sepengetahuannya. Apakah saya berdosa melakukan hal itu?”
Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Ambillah hartanya secara wajar, yang mencukupi kebutuhanmu dan mencukupi kebutuhan anakmu.” (Muttafaq ’alaihi).
Syeikh Bin Baaz rahimahullah ditanya :
إذا احتاج الابن إلى شيء من المال، وطلب أباه فلم يجبه إلى طلبه، فاضطرّ الابن إلى السرقة من مال أبيه، دون أن يعلم الأب، هل على الابن إثم ؟
Apabila seorang anak membutuhkan harta untuk sesuatu dan meminta kepada bapaknya, namun bapaknya tidak memberinya, lalu anak itu terpaksa mengambil dari harta bapaknya, tanpa bapaknya mengetahui, apakah anak itu berdosa?
Beliau menjawab :
هذا فيه تفصيل، إذا كان الأب قصّر في النفقة، والولد ضعيف لا يستطيع العمل، عاجز، فإنّه يأخذ من مال أبيه، ويسدّ حاجته، ولو بغير علمه، وهكذا الزوجة تأخذ من مال زوجها بغير علمه ما يسدّ حاجتها وحاجة أطفالها؛ لما ثبت في الصحيحين عن عائشة رضي الله عنها، أن هند بنت عتبة رضي الله عنها زوجة أبي سفيان قالت: يا رسول الله إن أبا سفيان رجل شحيح [يعني بخيل] لا يعطيني ما يكفيني ويكفي بنيّ، إلاّ ما أخذته من ماله بغير علمه، فهل علي في ذلك من جناح؟ فقال النبي صلى الله عليه وسلم: خذي من ماله بالمعروف ما يكفيك ويكفي بنيكِ ( الجزء رقم : 23، الصفحة رقم: 306)
Ini perlu rincian : “Apabila bapak pelit dalam memberikan nafkah, sementara anak masih lemah tidak bisa bekerja sendiri, maka dia boleh mengambil harta orang bapaknya untuk menutupi kebutuhannya. Meskipun tanpa diketahui orang tua.” Dan demikian juga isteri mengambil harta suaminya tanpa sepengetahuannya untuk memenuhi kebutuhannya dan anak-anaknya. Sebagaimana telah ditetapkan dalam hadits Bukhari dan Muslim dari Aisyah radhiyallahu anha bahwasanya Hindun bintu Uthbah radhiyallahu ‘anha, istri Abu Sufyan yang melaporkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan orang yang pelit, tidak memberikan nafkah yang cukup untukku dan untuk anakku. Kecuali jika aku mengambil hartanya, tanpa sepengetahuannya. Apakah saya berdosa melakukan hal itu?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
”Ambillah hartanya secara wajar, yang mencukupi kebutuhanmu dan mencukupi kebutuhan anakmu.” (Muttafaq ’alaihi). ( Fatawa Nur ’ala ad-Darbi, jilid 23, hlm. 306). Sumber : http://www.alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?languagename=ar&BookID=5&View=Page&PageNo=3&PageID=6758
Kesimpulannya, jika orang tua atau suami itu mampu, namun kikir tidak memenuhi kebutuhan anak atau isterinya, maka si anak atau si isteri boleh mengambil hartanya tanpa sepengetahuannya dengan syarat sesuai kebutuhannya jangan berlebih-lebihan.
Komentar
Posting Komentar