PERMASALAHAN QUNUT SUBUH
PERMASALAHAN QUNUT SUBUH
Qunut subuh merupakan amalan yang menjadi perdebatan sejak lama. Para Imam Madzhab berbeda pendapat mengenai qunut subuh ini.
Imam Malik dan Imam Syafi’i mensyariatkan dan mensunnahkan qunut subuh. Imam Ahmad dan Imam Abu Hanifah tidak mensyariatkan dan tidak mensunnahkan qunut subuh kecuali qunut nawazil (qunut mendoakan kaum muslimin yang yang terkena musibah, diperangi atau teraniaya).
Berkata Imam At Tirmidzi rahimahullah :
وَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي الْقُنُوتِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ فَرَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَغَيْرِهِمْ الْقُنُوتَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَهُوَ قَوْلُ مَالِكٍ وَالشَّافِعِيِّ و قَالَ أَحْمَدُ وَإِسْحَقُ لَا يُقْنَتُ فِي الْفَجْرِ إِلَّا عِنْدَ نَازِلَةٍ تَنْزِلُ بِالْمُسْلِمِينَ فَإِذَا نَزَلَتْ نَازِلَةٌ فَلِلْإِمَامِ أَنْ يَدْعُوَ لِجُيُوشِ الْمُسْلِمِينَ
“Para ahli ilmu berbeda pendapat tentang qunut pada shalat fajar (Shubuh), sebagian ahli ilmu dari sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan lainnya berpendapat bahwa qunut ada pada shalat Shubuh, dan ini adalah pendapat Malik dan Asy Syafi’i. Sedangkan, Ahmad dan Ishaq berpendapat tidak ada qunut pada shalat Shubuh kecuali saat nazilah [musibah] yang menimpa kaum muslimin. Jika turun musibah, maka bagi imam berdoa untuk para tentara kaum muslimin.” (Lihat Sunan At Tirmidzi, keterangan hadits No. 401). Sumber : https://www.islamweb.net/ar/fatwa/94697/
Disebutkan dalam kitab Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah :
ذَهَبَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ إِلَى مَشْرُوعِيَّةِ الْقُنُوتِ فِي الصُّبْحِ . قَال الْمَالِكِيَّةُ : وَنُدِبَ قُنُوتٌ سِرًّا بِصُبْحٍ فَقَطْ دُونَ سَائِرِ الصَّلَوَاتِ قَبْل الرُّكُوعِ ، عَقِبَ الْقِرَاءَةِ بِلاَ تَكْبِيرٍ قَبْلَهُ وَقَال الشَّافِعِيَّةُ : يُسَنُّ الْقُنُوتُ فِي اعْتِدَال ثَانِيَةِ الصُّبْحِ ، يَعْنِي بَعْدَ مَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ ، وَلَمْ يُقَيِّدُوهُ بِالنَّازِلَةِ وَقَال الْحَنَفِيَّةُ ، وَالْحَنَابِلَةُ : لاَ قُنُوتَ فِي صَلاَةِ الْفَجْرِ إِلاَّ فِي النَّوَازِل.....
“Kalangan Malikiyah [pengikut Imam Malik] dan Asy Syafi’iyah [pengikut Imam Asy Syafi’i] berpendapat bahwa doa qunut pada shalat Shubuh adalah disyariatkan. Berkata Malikiyah: Disunnahkan berqunut secara sirr [pelan] pada shalat Shubuh saja, bukan pada shalat lainnya. Dilakukan sebelum ruku’ setelah membaca surat tanpa takbir dulu. Kalangan Asy Syafi’iyah mengatakan: qunut disunnahkan ketika i’tidal kedua shalat Shubuh, yakni setelah mengangkat kepala pada rakaat kedua, mereka tidak hanya mengkhususkan qunut nazilah saja. Kalangan Hanafiyah [pengikut Imam Abu Hanifah] dan Hanabilah [pengikut Imam Ahmad bin Hambal] mengatakan: Tidak ada qunut dalam shalat Shubuh kecuali qunut nazilah.... (Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 27/321-322. Wizarah Al Awqaf Asy Syu’un Al Islamiyah). Sumber : https://al-maktaba.org/book/11430/17257
Mereka berpendapat dengan dalil dan hujjah masing-masing. Diantaranya :
Pertama, Dalil Yang Qunut Subuh.
عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رضي الله عنه أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْنُتُ فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ وَالْمَغْرِبِ (رواه الترمذي و ابو داود و أحمد. قال الشيخ الألباني :صحيح).
Dari Al Bara bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau qunut di shalat subuh dan shalat magrib. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud. Berkata Syekh Al Albani : Hadits Shahih).
عَنْ أَنَس بن مالك رضي الله عنه : أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَيْهِمْ ، ثُمَّ تَرَكَهُ ، فَأَمَّا فِى الصُّبْحِ فَلَمْ يَزَلْ يَقْنُتُ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا. (رواه البيهقي).
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau qunut subuh, dia berdoa atas mereka, kemudian meninggalkannya, maka adapun di shalat subuh, dia senantiasa qunut, sampai meninggalkan dunia. (HR. Al Baihaqi).
Berkata Imam Nawawi rahimahullah :
في مذاهب العلماء في إثبات القنوت في الصبح: مذهبنا أنه يستحب القنوت فيها سواء نزلت نازلة أو لم تنزل وبها قال أكثر السلف ومن بعدهم أو كثير منهم وممن قال به أبو بكر الصديق وعمر بن الخطاب وعثمان وعلي وابن عباس والبراء بن عازب رضي الله عنهم رواه البيهقي بأسانيد صحيحة وقال به من التابعين فمن بعدهم خلائق وهو مذهب ابن أبي ليلي والحسن ابن صالح ومالك وداود وقال عبد الله بن مسعود وأصحابه وأبو حنيفة وأصحابه وسفيان الثوري وأحمد لا قنوت في الصبح. ( المجموع, ج : 3, ص : 504
Madzhab para ulama dalam penentuan hukum qunut shubuh. Dalam madzhab kami qunut shubuh itu disunnahkan. Baik ketika ada nazilah ataupun tidak terjadi nazilah. Dan ini adalah pendapat sahabat Abu Bakr, Umar, Utsman, Ali, ibnu abbas dan Al-Barro’ bin azib Rodhiyallohu ‘anhum. Hal ini diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dengan sanad yang shohih. Para tabiin juga berpendapat demikian. Dan ini juga pendapat ibnu abi laila, al-hasan bin sholih dan dawud. Sedangkan Abdulloh ibnu mas’ud, Abu Hanifah, Sufyan Ats-tsauri dan Ahmad bi Hanbal mengatakan bahwa tidak ada qunut dalam sholat shubuh. (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab juz 3 halaman 504).
Dan berkata Imam Nawawi rahimahullah :
واحتج أصحابنا بحديث أنس رضي الله عنه " أن النبي صلى الله تعالي عليه وسلم قنت شهرا يدعوا عليهم ثم ترك فأما في الصبح فلم يزل يقنت حتى فارق الدنيا " حديث صحيح رواه جماعة من الحفاظ وصححوه وممن نص على صحته الحافظ أبو عبد الله محمد بن علي البلخي والحاكم أبو عبد الله في مواضع من كتبه والبيهقي ورواه الدارقطني من طرق بأسانيد صحيحة وعن العوام بن حمزة قال " سألت أبا عثمان عن القنوت في الصبح قال بعد الركوع قلت عمن قال عن أبي بكر وعمر وعثمان رضي الله تعالى عنهم " رواه البيهقي وقال هذا إسناد حسن ورواه البيهقي عن عمر أيضا من طرق وعن عبد الله بن معقل - بفتح الميم وإسكان العين المهملة وكسر القاف - التابعي قال " قنت علي رضي الله عنه في الفجر " رواه البيهقي وقال هذا عن علي صحيح مشهور. ( المجموع, ج : 3, ص : 505
Dan ashabuna berhujjah dengan hadits Anas rodhiyallohu anhu bahwa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam membaca doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan suatu kaum, kemudian beliau meninggalkannya. Adapun qunut dalam shubuh beliau tetap berqunutan sampai beliau meninggal dunia. Hadits ini hadits shohih yang diriwayatkan oleh para huffadz dan mereka juga menshohihkan hadits ini. Diantara yang menshohihkan hadits tersebut adalah Al-hafidz Abu abdillah muhammad bin ali, Al-hakim abu abdillah, Al-baihaqi dan Daruqutni. Dan dari Al-awwam bin hamzah berkata : saya bertanya kepada abu utsman tentang qunut shubuh. Beliau jawab : qunut itu setelah ruku’ dan ini dari Abu bakr, Umar dan Utsman Rodhiyallohu anhum. Ini riwayat Al-baihaqi dengan sanad yang shohih. Dan diriwayatkan juga dengan sanad shohih dan masyhur bahwa sahabat Ali berqunutan pada sholat shubuh juga. (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab juz 3 halaman 504).
Dan berkata Imam Nawawi rahimahullah :
وأما الجواب عن حديث أنس وأبي هريرة رضي الله عنهما في قوله ثم تركه فالمراد ترك الدعاء على أولئك الكفار ولعنتهم فقط لا ترك جميع القنوت أو ترك القنوت في غير الصبح وهذا التأويل متعين لأن حديث أنس في قوله " لم يزل يقنت في الصبح حتى فارق الدنيا " صحيح صريح فيجب الجمع بينهما وهذا الذي ذكرناه متعين للجمع وقد روى البيهقي بإسناده عن عبد الرحمن بن مهدي الإمام أنه قال إنما ترك اللعن ويوضح هذا التأويل رواية أبي هريرة السابقة وهي قوله " ثم ترك الدعاء لهم
Adapun untuk menjawab hadits Anas dan abu hurairah rodhiyallohu anhum mengenai lafadz “kemudian beliau meninggalkannya” maka maksudnya adalah meninggalkan doa laknat atas mereka saja. Bukan meninggalkan semua qunut atau juga maksudnya adalah meninggalkan qunut tapi qunut yang ada pada selain shubuh. Karena ini sesuai dengan hadits Anas pada lafadz “ rosululloh shallallahu alaihi wa sallam senantiasa berqunut shubuh sampai beliau meninggal dunia”. Hadits ini shohih dan sangat jelas sekali. Maka wajib untuk menggabungkan antara dua dalil tersebut. Al-baihaqi juga menyebutkan bahwa maksudnya adalah meninggalkan laknat sebagimana hadits abu hurairah.
Bahkan ada pendapat dari ulama mazhab syafii, kalau tidak Qunut Subuh, harus sujud syahwi.
al-Fiqh ala Madzahib al-Arba’ah tatkala menjelaskan tentang sujud sahwi:
الشافعية قالوا : تنحصر أسباب سجود السهو في ستة أمور : الأول : أن يترك الإمام أو المنفرد سنة مؤكدة وهي التي يعبر عنها بالأبعاض وذلك كالتشهد الأول والقنوت
“Para ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa sebab-sebab sujud sahwi teringkas dalam enam perkara. Pertama, ketika imam atau orang yang shalat sendirian meninggalkan sunnah muakkad yang biasa diungkapkan dengan sunnah ab’ad. Sunnah-sunnah ini seperti halnya Tasyahud Awal dan Qunut” (Abdurrahman al-Jaziri, al-Fiqh ala Madzahib al-Arba’ah, juz 1, hal. 704)
Syekh Syamsuddin ar-Ramli memberikan penjelasan:
المراد بسجود السهو ما يفعل لجبر الخلل وإن تعمد سببه كترك التشهد الأول أو القنوت عمدا
“Yang dimaksud dengan sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan untuk memperbaiki kekurangan, meskipun kekurangan tersebut dilakukan secara sengaja. Seperti meninggalkan tasyahud awal atau qunut dengan sengaja” (Syamsuddin ar-Ramli, Nihayah al-Muhtaj, Juz 5, Hal. 150).
Kedua, Dalil Yang Tidak Qunut Subuh.
عَنْ أَنَسِ بن مالك رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ. (رواه مسلم).
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau qunut selama sebulan, dia berdoa untuk sebagian kampung arab, kemudian meninggalkannya. (HR.Muslim).
أَنَسِ بن مالك رضي الله عنه عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَنَتَ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوعِ يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ قَالَ : بَعَثَ أَرْبَعِينَ ، أَوْ سَبْعِينَ - يَشُكُّ فِيهِ - مِنَ الْقُرَّاءِ إِلَى أُنَاسٍ مِنَ الْمُشْرِكِينَ فَعَرَضَ لَهُمْ هَؤُلاَءِ فَقَتَلُوهُمْ ، وَكَانَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم عَهْدٌ... (رواه البخاري).
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwasannya Beliau (rasulullah) qunut selama sebulan setelah bangkit dari ruku, dia berdoa untuk penduduk kampung dari Bani Sulaim. Beliau (rasulullah) mengutus para qori (penghapal al Qur’an) 40 atau 70 orang, dia ragu tentangnya kepada kaum musyrikin, lalu mereka (kaum musyrikin) merintangi dan membunuh mereka (para utusan Nabi), dimana antara mereka dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ada ikatan perjanjian. (HR. Bukhari).
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَنَتَ شَهْرًا يَلْعَنُ رِعْلاً وَذَكْوَانَ وَعُصَيَّةَ عَصَوُا اللَّهَ وَرَسُولَهُ. (رواه مسلم).
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya Nabi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam qunut selama sebulan, dia melaknat orang yang bodoh dan pandai tetapi durhaka, mereka mendurhakai Allah dan Rasulnya. (HR.Muslim).
عَنْ أَبِي مَالِكٍ الأَشْجَعِيِّ سَعْدِ بْنِ طَارِقٍ بن مالك رضي الله عنه ، قَالَ : قُلْتُ لأَبِي : يَا أَبَتِ , إِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَلْفَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ , وَأَبِي بَكْرٍ , وَعُمَرَ , وَعُثْمَانَ , وَعَلِيٍّ هَاهُنَا بِالْكُوفَةِ ، نَحْوًا مِنْ خَمْسِ سِنِينَ ، فَكَانُوا يَقْنُتُونَ فِي الْفَجْرِ ؟ فَقَالَ : أَيْ بُنَيَّ مُحْدَثٌ. (رواه ابن ماجة و البيهقي. قال الشيخ الألباني : صحيح).
Dari Abu Malik Al Asyja’iyyi Sa’id bin Thariq radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : Aku berkata kepada Bapakku, sesunggunya engkau shalat di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, Umar, Ustman dan Ali disini di Kuffah selama lima tahun, apakah mereka qunut di shalat fajar (subuh)? Maka dia menjawab : Wahai anakku, itu perkara baru. (HR. Ibnu Majah dan Al Baihaqi. . Berkata Syekh Al AlBani : Hadits Shahih).
Komite Fatwa Al Lajnah Ad Daimah (MUInya Saudi Arabia) ditanya tentang qunut subuh.
Adapun qunut subuh dan yang lainnya dari shalat-shalat yang lima waktu, maka tidak disyariatkan, bahkan itu bid’ah, kecuali qunut nazilah. Adapun menjadikan terus menerus qunut subuh maka itu bid’ah. (Al Lajnah Ad Daimah Juz 7/bab qunut).
Perhatian hadits-hadits diatas, itu yang menjadi dalil sehingga terjadinya perbedaan pendapat para ulama. Mereka memiliki hujjah masing-masing.
Oleh karena itu, berlapang dadalah dengan perbedaan pendapat masalah qunut ini, jangan sampai masalah khilafiyyah ijtihadiyyah seperti ini menjadi pemacu perselisihan, pertengkaran dan perpecahan, apalagi sesama ahlussunnah.
Berkata Al-Allamah Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah :
أما عمل السلف الصالح: فإن من أصول السنة والجماعة في المسائل الخلافية ، ما كان الخلاف فيه صادراً عن اجتهاد وكان مما يسوغ فيه الاجتهاد فإن بعضهم يعذر بعضاً بالخلاف ولا يحمل بعضهم على بعض حقداً، ولا عداوة، ولا بغضاء بل يعتقدون أنهم إخوة حتى وإن حصل بينهم هذا الخلاف،... كل هذا لأنهم يرون أن الخلاف الناشئ عن إجتهاد فيما يسوغ فيه الاجتهاد ليس في الحقيقة بخلاف لأن كل واحد من المختلفين قد تبع ما يجب عليه إتباعه من الدليل الذي لا يجوز له العدول عنه
“Adapun amalan para salaf sholih : Maka sesungguhnya termasuk pokok dari pokok-pokok manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam masalah khilafiyyah, suatu perbedaan pendapat yang muncul dari ijtihad, dan termasuk perkara yang dibolehkan untuk ijtihad di dalamnya, maka sesungguhnya sebagian mereka memberikan udzur/kelonggaran terhadap sebagian yang lain dalam masalah perbedaan pendapat. Tidak boleh sebagian mereka untuk MEMAKSAKAN PENDAPATNYA kepada sebagian yang lain karena dengki, tidak boleh karena permusuhan, dan tidak boleh juga karena kebencian. Bahkan mereka menyakini, sesungguhnya mereka bersaudara walaupun telah terjadi perbedaan pendapat ini….semua ini, karena mereka berpandangan, sesungguhnya perbedaan pendapat yang muncul dari ijtihad di dalam perkara yang dibolehkan di dalamnya untuk ijtihad, pada hakikatnya bukan khilaf ( bukan perbedaan pendapat ). Karena sesungguhnya setiap orang dari yang berbeda pendapat, telah mengikuti apa yang seharusnya dia ikuti berupa dalil yang tidak boleh bagi seseorang untuk berpaling darinya….”[ Syarah Al-Ushul As-Sittah : 155 ].
AFM
Copas dari berbagai sumber
Komentar
Posting Komentar