Shadaqah Yang Paling Utama
SIKAP ULAMA TERHADAP AHLUL BID'AH
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Ketika Imam Syafii rahimahullah sakit, berdatanganlah orang-orang menjenguknya, baik ulama maupun orang awam. Baik ulama ahlussunnah, maupun ulama ahlul bid'ah.
Ketika datang ulama ahlul bid'ah, beliau menasehati agar bertaubat. Beliau tetap tegas sebagaimana ketika sehat, tidak luluh hatinya dan melembek ketika dijenguk oleh tokoh ahlul bid'ah.
Berkata Al-Jaruudiy rahimahullah :
{ مرض الشافعي -رحمه الله- بمصر مرضة ثقل فيها، فدخل عليه قوم منهم حفص الفرد-وكان من أهل الكلام-، فكل منهم يقول له: من أنا؟ حتى قال له حفص الفرد: من أنا يا أبا عبد الله؟ فقال: أنت حفص الفرد لا حفظك الله، ولا كلاك، ولا رعاك حتى تتوب مما أنت فيه. }
“Ketika Imam Syafi'i sakit parah beberapa dari mereka menjenguk beliau diantara mereka ada Hafsh al-Fard (dari ulama kalam), maka masing-masing dari mereka tanya kepada beliau, siapa aku?
Sampai ketika Hafsh al-Fard bertanya, Siapa aku, wahai Abu Abdullah?
Jawab Imam Syafi'i, Kamu adalah Hafsh al-Fard -semoga Allah tidak menjagamu dan tidak melindungimu-, sampai kamu bertaubat dari kesesatanmu (yaitu ilmu kalam/falsafah).” [Jami Bayanul Ilmi 2/193].
Itulah sikap tegas ulama ahlussunnah. Kalau ada yang salah dan keliru dia nasehati dan peringatkan, walaupun dalam keadaan sakit, bukan membela dan menolongnya.
Jkka ada seseorang yang membela ahlul hawa, memujinya, menyanjung tulisan-tulisannya, membantu dan menolongnya, tidak suka kritikan yang ditujukan kepadanya, memberi udzur kepadanya dan tidak menolong orang yang membantahnya, maka wajib dihukum dan wajib ditahdzir.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
{ و يجب عقوبة كل من انتسب إلى أهل البدع أو ذب عنهم أو أثنى عليهم أو عظم كتبهم أو عرف بمساعدتهم و معاونتهم أو كره الكلام فيهم أو أخذ يعتذر لهم، بل تجب عقوبة كل من عرف حالهم و لم يعاون على القيام عليهم؛ فإن القيام عليهم من أوجب الواجبات. }
“Dan wajib adanya hukuman terhadap siapa saja yang menisbatkan diri kepada ahlul bid’ah, membela mereka, memuji mereka, memuliakan kitab-kitab mereka, senang membantu dan menolong mereka, membenci kritikan yang ditujukan kepada mereka atau senang memberikan udzur untuk mereka.
Bahkan wajib memberikan hukuman kepada siapa saja yang sebenarnya mengetahui keadaan ahlul bid’ah, namun tidak memberikan pertolongan kepada orang-orang yang membantah mereka. (Majmu’ Al-Fatawa, 2/132).
Mengapa harus sedemikian rupa membenci ahlul bid'ah, karena ahlul bid'ah membuat syariat tandingan. Membuat amal ibadah yang tidak diperintahkan Allah dan RasulNya.
Maka dari itu, orang yang membenci ahlul bid'ah diampuni dosanya walaupun amalnya sedikit. Sebaliknya orang memberikan udzur dan memaafkan ahlul hawa, ini pertanda ada kemunafikan dalam dirinya.
Berkata Fudhail bin Iyadh rahimahullah :
إذا علم الله من الرجل أنه مبغض لصاحب بدعة غفر له و إن قلّ عمله, و لايكن صاحب سنة يمالئ صاحب البدعة إلاّ نفاقا, ومن أعرض بوجهه عن صاحب بدعة ملأ الله قلبه إيمانا ومن انتهر صاحب بدعة آمن الله يوم الفزع الأكبر, و من أهان صاحب بدعة رفعه الله في الجنة مائة درجة.
Apabila Allah mengetahui bahwa seseorang membenci ahlu bid'ah, maka akan diampuni dosanya meskipun sedikit amalannya, dan tidaklah seorang ahlu sunnah memaafkan seorang ahlul bid'ah kecuali karena kemunafikan, dan barang siapa yang memalingkan wajahnya dari ahlu bid'ah maka Allah akan memenuhi hatinya dengan keimanan, dan barang siapa yang membentak ahlu bid'ah maka Allah akan memberinya keamanan pada hari kiamat kelak, dan barang siapa yang menghinakan ahlu bid'ah maka Allah akan mengangkat derajatnya seratus derajat di surga. (Atta'liq Ala Syarhis Sunnah Al Barbahari). Sumber :http://shamela.ws/browse.php/book-37718/page-315
Berkata Ibnu Qoyyim rahimahullah :
قبور فساق أهل السنة روضة من رياض الجنة ، وقبور عباد أهل البدع حفرة من حفر النار .والتمسك بالسنة يكفر الكبائر ، كما أن مخالفة السنة تحبط الحسنات .وأهل السنة إن قعدت بهم أعمالهم قامت بهم عقائدهم ، وأهل البدع إذا قامت بهم أعمالهم قعدت بهم عقائدهم . [إعلام الموقعين 3/329]
Alam kuburnya Ahlussunnah adalah taman dari taman-taman surga.
Adapun alam kuburnya ahlul bid’ah adalah lubang dari lubang-lubang neraka”.
Berpegang teguh dengan As-Sunnah akan menghapuskan dosa-dosa besar, sebagaimana jika menyelisihi As-Sunnah akan menghapuskan kebaikan-kebaikan.
Ahlussunnah apabila amalan-amalan mereka melemah, maka aqidah mereka tetap tegak.
Adapun ahlul bid’ah meskipun amal perbuatan mereka tegak, namun aqidah mereka rusak”. (I’lamul Muwaqqiin 3/329)
Oleh : Abu Fadhel Majalengka
Ketika Imam Syafii rahimahullah sakit, berdatanganlah orang-orang menjenguknya, baik ulama maupun orang awam. Baik ulama ahlussunnah, maupun ulama ahlul bid'ah.
Ketika datang ulama ahlul bid'ah, beliau menasehati agar bertaubat. Beliau tetap tegas sebagaimana ketika sehat, tidak luluh hatinya dan melembek ketika dijenguk oleh tokoh ahlul bid'ah.
Berkata Al-Jaruudiy rahimahullah :
{ مرض الشافعي -رحمه الله- بمصر مرضة ثقل فيها، فدخل عليه قوم منهم حفص الفرد-وكان من أهل الكلام-، فكل منهم يقول له: من أنا؟ حتى قال له حفص الفرد: من أنا يا أبا عبد الله؟ فقال: أنت حفص الفرد لا حفظك الله، ولا كلاك، ولا رعاك حتى تتوب مما أنت فيه. }
“Ketika Imam Syafi'i sakit parah beberapa dari mereka menjenguk beliau diantara mereka ada Hafsh al-Fard (dari ulama kalam), maka masing-masing dari mereka tanya kepada beliau, siapa aku?
Sampai ketika Hafsh al-Fard bertanya, Siapa aku, wahai Abu Abdullah?
Jawab Imam Syafi'i, Kamu adalah Hafsh al-Fard -semoga Allah tidak menjagamu dan tidak melindungimu-, sampai kamu bertaubat dari kesesatanmu (yaitu ilmu kalam/falsafah).” [Jami Bayanul Ilmi 2/193].
Itulah sikap tegas ulama ahlussunnah. Kalau ada yang salah dan keliru dia nasehati dan peringatkan, walaupun dalam keadaan sakit, bukan membela dan menolongnya.
Jkka ada seseorang yang membela ahlul hawa, memujinya, menyanjung tulisan-tulisannya, membantu dan menolongnya, tidak suka kritikan yang ditujukan kepadanya, memberi udzur kepadanya dan tidak menolong orang yang membantahnya, maka wajib dihukum dan wajib ditahdzir.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:
{ و يجب عقوبة كل من انتسب إلى أهل البدع أو ذب عنهم أو أثنى عليهم أو عظم كتبهم أو عرف بمساعدتهم و معاونتهم أو كره الكلام فيهم أو أخذ يعتذر لهم، بل تجب عقوبة كل من عرف حالهم و لم يعاون على القيام عليهم؛ فإن القيام عليهم من أوجب الواجبات. }
“Dan wajib adanya hukuman terhadap siapa saja yang menisbatkan diri kepada ahlul bid’ah, membela mereka, memuji mereka, memuliakan kitab-kitab mereka, senang membantu dan menolong mereka, membenci kritikan yang ditujukan kepada mereka atau senang memberikan udzur untuk mereka.
Bahkan wajib memberikan hukuman kepada siapa saja yang sebenarnya mengetahui keadaan ahlul bid’ah, namun tidak memberikan pertolongan kepada orang-orang yang membantah mereka. (Majmu’ Al-Fatawa, 2/132).
Mengapa harus sedemikian rupa membenci ahlul bid'ah, karena ahlul bid'ah membuat syariat tandingan. Membuat amal ibadah yang tidak diperintahkan Allah dan RasulNya.
Maka dari itu, orang yang membenci ahlul bid'ah diampuni dosanya walaupun amalnya sedikit. Sebaliknya orang memberikan udzur dan memaafkan ahlul hawa, ini pertanda ada kemunafikan dalam dirinya.
Berkata Fudhail bin Iyadh rahimahullah :
إذا علم الله من الرجل أنه مبغض لصاحب بدعة غفر له و إن قلّ عمله, و لايكن صاحب سنة يمالئ صاحب البدعة إلاّ نفاقا, ومن أعرض بوجهه عن صاحب بدعة ملأ الله قلبه إيمانا ومن انتهر صاحب بدعة آمن الله يوم الفزع الأكبر, و من أهان صاحب بدعة رفعه الله في الجنة مائة درجة.
Apabila Allah mengetahui bahwa seseorang membenci ahlu bid'ah, maka akan diampuni dosanya meskipun sedikit amalannya, dan tidaklah seorang ahlu sunnah memaafkan seorang ahlul bid'ah kecuali karena kemunafikan, dan barang siapa yang memalingkan wajahnya dari ahlu bid'ah maka Allah akan memenuhi hatinya dengan keimanan, dan barang siapa yang membentak ahlu bid'ah maka Allah akan memberinya keamanan pada hari kiamat kelak, dan barang siapa yang menghinakan ahlu bid'ah maka Allah akan mengangkat derajatnya seratus derajat di surga. (Atta'liq Ala Syarhis Sunnah Al Barbahari). Sumber :http://shamela.ws/browse.php/book-37718/page-315
Berkata Ibnu Qoyyim rahimahullah :
قبور فساق أهل السنة روضة من رياض الجنة ، وقبور عباد أهل البدع حفرة من حفر النار .والتمسك بالسنة يكفر الكبائر ، كما أن مخالفة السنة تحبط الحسنات .وأهل السنة إن قعدت بهم أعمالهم قامت بهم عقائدهم ، وأهل البدع إذا قامت بهم أعمالهم قعدت بهم عقائدهم . [إعلام الموقعين 3/329]
Alam kuburnya Ahlussunnah adalah taman dari taman-taman surga.
Adapun alam kuburnya ahlul bid’ah adalah lubang dari lubang-lubang neraka”.
Berpegang teguh dengan As-Sunnah akan menghapuskan dosa-dosa besar, sebagaimana jika menyelisihi As-Sunnah akan menghapuskan kebaikan-kebaikan.
Ahlussunnah apabila amalan-amalan mereka melemah, maka aqidah mereka tetap tegak.
Adapun ahlul bid’ah meskipun amal perbuatan mereka tegak, namun aqidah mereka rusak”. (I’lamul Muwaqqiin 3/329)
Komentar
Posting Komentar