Madzhab Shufi

MADZHAB SHUUFIYYAH

Kebatilan, kebodohan, dan kesesatan terkumpul semua dalam madzhab shufi. Mereka menjadikan tarian, musik dan nyanyian sebagai ritual ibadah mereka. Betul-betul mereka jauh dari bimbingan alquran dan as sunnah serta para ulama salaf. Tidak sebagaimana majlis Rasulullah dan para sahabatnya yang penuh ketenangan, tidak bising dan ribut.

Abu Bakr Ath-Thurthuusiy Al-Maalikiy rahimahullah berkata:

مذهب الصوفية بطالة وجهالة وضلالة، وما الإسلام إلا كتاب الله وسنة رسوله

MADZHAB SHUUFIYYAH hanyalah kebatilan, kebodohan, dan kesesatan. Islam itu hanyalah KITABULLAH (al quran) dan SUNNAH RASULNYA (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam).  (Tafsiir Al-Qurthubiy, 11/238].

Lengkapnya perkataan beliau :

مذهب الصوفية بطالة وجهالة وضلالة، وما الإسلام إلا كتاب الله وسنة رسول، وأما الرقص والتواجد فأول من أحدثه أصحاب السامري، لما اتخذ لهم عجلا جسدا له خوار قاموا يرقصون حواليه ويتواجدون؛ فهو دين الكفار وعباد العجل؛ ....... وإنما كان يجلس النبي صلى الله عليه وسلم مع أصحابه كأنما على رؤوسهم الطير من الوقار؛ فينبغي للسلطان ونوابه أن يمنعهم عن الحضور في المساجد وغيرها؛ ولا يحل لأحد يؤمن بالله واليوم الآخر أن يحضر معهم، ولا يعينهم على باطلهم؛ هذا مذهب مالك وأبي حنيفة والشافعي وأحمد بن حنبل وغيرهم من أئمة المسلمين وبالله التوفيق.

“ MADZHAB SHUUFIYYAH hanyalah kebatilan, kebodohan, dan kesesatan. Islam itu hanyalah KITABULLAH (al quran) dan SUNNAH RASULNYA (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam).  Adapun tarian dan sikap berkasih-kasihan, yang pertama kali mengadakannya adalah rekan-rekannya Saamiriy. Ketika ia berhasil membuat patung anak sapi yang bisa bersuara, maka mereka berdiri menari di sekitarnya sambil berkasih-kasihan. Perbuatan tersebut merupakan agama orang kafir dan penyembah anak sapi.

Adapun majelis Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersama para shahabatnya, (keadaannya) adalah seakan-akan di kepala-kepala mereka terdapat burung karena ketenangannya. Sudah seharusnya sulthan (raja) dan para wakilnya melarang mereka (shufi) menghadiri masjid-masjid dan yang lainnya. Tidak halal bagi seorang pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir hadir pada kegiatan mereka. Tidak diperbolehkan menolong kebathilan mereka. Inilah madzhab Maalik, Abu Haniifah, Asy-Syaafi’iy, Ahmad bin Hanbal, dan yang lainnya dari kalangan imam-imam kaum muslimin. Wabillaahit-taufiiq” [Tafsiir Al-Qurthubiy, 11/238].

Abu Fadhel Majalengka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah Dimalam Nisfu Sya'ban

Royalti Di Akhirat

KENAPA KAMU DIAM?